Biografi al Hafidz Ibnu Katsir (2)

Perkataan Ulama Tentang Beliau (al Hafidz Ibnu Katsir)

وقال تلميذه الحافظ أبو المحاسن الحسيني: "صاهر شيخنا أبا الحجاج المزي فأكثر، وأفتى ودرس وناظر، وبرع في الفقه والتفسير والنحو وأمعن النظر في الرجال والعلل".
Berkata muridnya Al Hafidz Abul Muhasin Al Husainiy: “Beliau (Ibnu Katsir) adalah kerabat dekat syaikh kami Abul Hajjaj Al Mizzi (menantunya), pemberi fatwa, seorang pengajar, seorang peneliti, ahli dalam ilmu fiqih, tafsir, ilmu bahasa arab , dan orang yang sangat teliti dalam melihat (keadaan) seseorang dan penyakit hadits.

وقال العلامة ابن ناصر الدين: "الشيخ الإمام العلامة الحافظ عماد الدين، ثقة المحدثين، عمدة المؤرخين، علم المفسرين".
Berkata Al Alamah Ibnu Nashiruddin: “Beliau (Ibnu Katsir) adalah seorang syaikh (yang dituakan), seorang yang dijadikan panutan, berilmu, dan hafal tentang pokok-pokok agama, seorang yang terpercaya dalam meriwayatkan sebuah hadits, dan ahli sejarah, dan juga seseorang yang ahli dalam ilmu tafsir.

وقال ابن تغري بردي: "لازم الاشتغال، ودأب وحصل وكتب وبرع في الفقه والتفسير والفقه والعربية وغير ذلك، وأفتى ودرس إلى أن توفى".
Berkata Ibnu Tughriy Badriy : “Beliau (Ibnu Katsir) adalah seseorang yang sibuk, gigih, dan mengahasilkan banyak karya tulis. Dan seorang yang sangat ahli dalam bidang ilmu fiqih, tafsir, ilmu bahasa arab dan selainnya. Beliau juga seorang pemberi fatwa dan pengajar sampai beliau meninggal dunia.

وقال ابن حجر العسقلاني: "كان كثير الاستحضار، حسن المفاكهة، سارت تصانيفه في البلاد في حياته، وانتفع الناس بها بعد وفاته".
Berkata Ibnu Hajar Al Asqolaniy : “Beliau (Ibnu Katsir) dahulu banyak bepergian (mencari ilmu), seorang ahlu fiqih yang handal, banyak tulisannya yang penyebar keberbagai negara, yang bermanfaat bagi manusia semasa hidupnya dan setelah kematian beliau.”

وقال ابن حبيب: "إمام روى التسبيح والتهليل، وزعيم أرباب التأويل، سمع وجمع وصنف، وأطرب الأسماع بالفتوى وشنف، وحدث وأفاد، وطارت أوراق فتاويه إلى البلاد، واشتهر بالضبط والتحرير، وانتهت إليه رياسة العلم في التاريخ، والحديث والتفسير".
Berkata Ibnu Habib : “Beliau (Ibnu Katsir) adalah seorang panutan yang selalu bertasbih dan bertahlil, pemimpin ahli ta’wil, seorang penulis, pemberi fatawa yang menggembirakan, pemberi hadits, fatwanya menyebar dalam lembaran-lembaran keberbagai penjuru negara, terkenal dengan kekuatan ilmmu agama, beliau menutup hidupnya dengan karya ilmiyah dalam bidang sejarah, hadits dan tafsir.

وقال العيني: "كان قدوة العلماء والحفاظ، وعمدة أهل المعاني والألفاظ، وسمع وجمع وصنف، ودرس، وحدث، وألف، وكان له اطلاع عظيم في الحديث والتفسير والتاريخ، واشتهر بالضبط والتحرير، وانتهى إليه رياسة علم التاريخ والحديث والتفسير وله مصنفات عديدة مفيدة".
Berkata Al Aini : “Beliau (Ibnu Katsir) adalah panutan para ulama dan huffadz. Pemimpin para ahli tafsir dan alfadz. Seorang pengajar, penulis, meriwayatkan hadits. Dan beliau adalah seseorang yang sangat mulia dalam ilmu hadits, tafsir, dan sejarah. Terkenal dengan kekokohan ilmu beliau. Beliau menutup hidupnya dengan karya ilmiyah dalam bidang sejarah, hadits dan tafsir. Dan beliau mempunyai banyak karya tulis yang bermanfaat.

وقال تلميذه ابن حجي: "أحفظ من أدركناه لمتون الأحاديث، وأعرفهم بجرحها ورجالها وصحيحها وسقيمها، وكان أقرانه وشيوخه يعترفون له بذلك، وكان يستحضر شيئا كثيرا من الفقه والتاريخ، قليل النسيان، وكان فقيها جيد الفهم، ويشارك في العربية مشاركة جيدة، ونظم الشعر، وما أعرف أني اجتمعت به على كثرة ترددي إليه إلا واستفدت منه".
Berkata muridnya Ibnu Hajiy: “Beliau (Ibnu Katsir) adalah seorang yang paling hafal dan mengerti sebuah matan hadits, sekaligus yang paling mengetahui tentang periwayat haditsnya, keshohihan haditsnya dan penyakit hadits. Hal yang demikian itu diakui oleh teman selevel dan juga guru-gurunya. Beliau dahulu berpergian kebanyak tempat untuk belajar ilmu fiqih dan sejarah. Beliau jarang pelupa, dan seorang yang faqih sekali, luas ilmu bahasa arabnya, seorang penyair.

وقال الداودي: "أقبل على حفظ المتون، ومعرفة الأسانيد والتعلل والرجال والتاريخ حتى برع في ذلك وهو شاب".
Berkata Ad Dawudiy: “Beliau (Ibnu Katsir) adalah seorang yang banyak menghafal matan-matan hadits, menguasai ilmu tentang sanad-sanad, ila-ilal, rowi-rowi, sejarah, sampai-sapai beliau menguasi ilmu seluas itu dalam keadaan umur beliau masih muda.

7-وفاته ورثاؤه:      
في يوم الخميس السادس والعشرين من شهر شعبان سنة أربع وسبعين وسبعمائة توفي الحافظ ابن كثير بدمشق، ودفن بمقبرة الصوفية عند شيخه ابن تيمية، رحمه الله.
وقد ذكر ابن ناصر الدين أنه "كانت له جنازة حافلة مشهودة، ودفن بوصية منه في تربة شيخ الإسلام ابن تيمية بمقبرة الصوفية".
وقد قيل في رثائه، رحمه الله:
لفقدك طلاب العلوم تأسفوا ... وجادوا بدمع لا يبير غزير
ولو مزجوا ماء المدامع بالدما ... لكان قليلا فيك يا بن كثير
8. Kematian beliau
Beliau meninggal pada hari kamis, tanggal 26 bulan Sya’ban tahun 774 H di Damaskus. Dan dikuburkan di perkuburan shufiyah disisi kuburan gurunya Ibnu Taimiyah. Semoga Allah merahmati mereka.
Diceritakan oleh Ibnu Nashiruddin, “Dahulu pengantar mayat beliau sangat banyak, dan beliau dikuburkan dengan wasiat beliau sendiri, yaitu dikuburkan didekat kuburannya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah di kuburan shufiyah.”
Dikatakan seseorang tentang kematian beliau:
Telah meninggal seseorang, dan berduka citalah para pencari ilmu,
Didapati mereka menangis begitu deras air matanya,
Padahal air matanya telah berwarna kuning
Akan tetapi hal itu terlalu sedikit untuk wahai Ibnu Katsir

(selesai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar