Tafsir Surat An Nas ayat 5-6 | Tafsir Ibnu Katsir


وَقَوْلُهُ: {الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ} هَلْ يَخْتَصُّ هَذَا بِبَنِي آدَمَ -كَمَا هُوَ الظَّاهِرُ -أَوْ يَعُمُّ بَنِي آدَمَ وَالْجِنَّ؟ فِيهِ قَوْلَانِ، وَيَكُونُونَ قَدْ دَخَلُوا فِي لَفْظِ النَّاسِ تَغْلِيبًا.
Pada firman Allah: {Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia} Apakah waswas itu khusus diberikan kepada bani Adam -sebagaimana dhohirnya- atau umum yang mencangkup dari kalangan manusia dan jin? Mengenai hal tersebut terhadap terdapat dua pendapat, dimana mereka semua telah masuk ke dalam lafadz An Nas.

وَقَالَ ابْنُ جَرِيرٍ: وَقَدِ اسْتَعْمَلَ فِيهِمْ (رجَالٌ منَ الجنَ) فَلَا بِدَعَ فِي إِطْلَاقِ النَّاسِ عَلَيْهِمْ.
Ibnu jarir mengatakan: “Dan sungguh (tafsir diatas) telah diamalkan/diajarkan, maka tidak mengherankan kalau lafadz An Nas mencangkup dari kalangan jin dan manusia.”

وَقَوْلُهُ: {مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ} هَلْ هُوَ تَفْصِيلٌ لِقَوْلِهِ: {الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ} ثُمَّ بَيَّنَهُمْ فَقَالَ: {مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ} وَهَذَا يُقَوِّي الْقَوْلَ الثَّانِيَ. وَقِيلَ قَوْلُهُ: {مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ} تَفْسِيرٌ لِلَّذِي يُوسوس فِي صُدُورِ النَّاسِ، مِنْ شَيَاطِينِ الْإِنْسِ وَالْجِنِّ، كَمَا قَالَ تَعَالَى: {وَكَذَلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِيٍّ عَدُوًّا شَيَاطِينَ الإنْسِ وَالْجِنِّ يُوحِي بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ زُخْرُفَ الْقَوْلِ غُرُورًا} [الْأَنْعَامِ: 112] ،
Pada firman Allah -ta'ala- {Dari kalangan jin dan manusia} apakah ayat ini sebagai perinci/penjelas dari firman-Nya {yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia} kemudian dia menjelaskan tentang mereka, Allah berfirman {dari kalangan jin dan manusia} yang tafsir ini memperkuat pendapat kedua. Ada juga yang berpendapat bahwa firman Allah: {dari kalangan jin dan manusia} sebagai tafsiran dari pihak yang selalu memberi bisikan (kejahatan) kepada manusia yang terdiri dari syaithon, manusia dan jin, sebagaimana yang difirmankan oleh Allah ta'ala: {dan demikianlah kami jadikan bagi tiap tiap nabi itu musuh yaitu syaithon-syaithon dari jenis manusia dan dari jenis jin, sebagian mereka membisikan kepada sebagian yang lain perkataan perkataan yang indah indah untuk menipu manusia} (QS. Al An’am: 112).

وَكَمَا قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا وَكِيع، حَدَّثَنَا الْمَسْعُودِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُو عُمَر الدِّمَشْقِيُّ، حَدَّثَنَا عُبَيْدِ بْنِ الْخَشْخَاشِ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ: أَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ فِي الْمَسْجِدِ، فَجَلَسْتُ، فَقَالَ: "يَا أَبَا ذَرٍّ، هَلْ صَلَّيْتَ؟ ". قُلْتُ: لَا. قَالَ: "قُمْ فَصَلِّ". قَالَ: فَقُمْتُ فَصَلَّيْتُ، ثُمَّ جَلَسْتُ فَقَالَ: "يَا أَبَا ذَرٍّ، تَعَوَّذْ بِالْلَّهِ مِنْ شَرِّ شَيَاطِينِ الْإِنْسِ وَالْجِنِّ".
Berkata Imam Ahmad, telah mengabarkan kepada kami Waki’, telah mengabarkan kepada kami Al Mas'udi, telah mengabarkan kepada kami Abu Umar Ad Dimasqy, telah mengabarkan kepada kami Ubaid bin Al Khoshkhosh, dari Abu Dzar beliau berkata: aku mendatangi Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- ketika belia sedang berada di dalam masjid, kemudian aku duduk disamping beliau, maka beliau berkata: ”Ya Abu Dzar apakah engkau sudah shalat?” Maka aku menjawab: “Belum.”  Maka beliau berkata: “Berdirilah lalu shalat lah!” lalu aku lalu aku sholat lalu aku duduk. Kemudian beliau bersabda: “Wahai Abu Dzar mintalah pertolongan kepada Allah dari kejelekan syaithon-syaithon dari kalangan manusia dan jin.”

قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَلِلْإِنْسِ شَيَاطِينُ؟ قَالَ: "نَعَمْ". قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، الصَّلَاةُ؟ قَالَ: "خَيْرُ مَوْضُوعٍ، مَنْ شَاءَ أَقَلَّ، وَمَنْ شَاءَ أَكْثَرَ". قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ فَمَا الصَّوْمُ؟ قَالَ: "فَرْضٌ يُجْزِئُ، وَعِنْدَ اللَّهِ مَزِيدٌ". قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، فَالصَّدَقَةُ؟ قَالَ: "أَضْعَافٌ مُضَاعَفَةٌ". قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَيُّهَا أَفْضَلُ؟ قَالَ: "جُهد مِنْ مُقل، أَوْ سِرٌّ إِلَى فَقِيرٍ". قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَيُّ الْأَنْبِيَاءِ كَانَ أَوَّلَ؟ قَالَ: "آدَمُ". قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَنَبِيٌّ كَانَ؟ قَالَ: "نَعِمَ، نَبِيٌّ مُكَلَّم". قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، كَمِ الْمُرْسَلُونَ؟ قَالَ: "ثَلَثُمِائَةٍ وَبِضْعَةَ عَشْرَ، جَمًّا غَفيرًا". وَقَالَ مَرَّةً: "خَمْسَةَ عَشْرَ". قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَيُّمَا أُنْزِلَ عَلَيْكَ أعظم؟ قَالَ: "آيَةُ الْكُرْسِيِّ: {اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ}
Maka aku berkata: “Wahai Rasulullah apakah dari kalangan manusia juga ada syaitan? Beliau menjawab: “Tentu saja”. Maka aku berkata: “Ya Rasulullah apakah shalat itu?” Beliau menjawab: “Hanya kebaikan ada padanya, barangsiapa yang mau mengerjakan sedikit maka kerjakanlah dan barang siapa yang mau memperbanyaknya maka kerjakanlah.” Aku bertanya lagi: “Ya rasulullah apakah puasa itu? Beliau menjawab “Kewajiban yang penuh pahala dan Allah-lah yang akan menambahkannya (pahala).” Aku bertanya lagi: “Ya Rasulullah apakah shodaqoh itu?” Beliau menjawab: “Pahala yang dilipatgandakan.” Aku bertanya lagi: “Wahai Rasulullah dan apakah yang paling utama?  Beliau menjawab “Bersungguh sungguh dari kefakiran dan bersembunyi dalam memberi (shodaqoh) orang miskin.” Aku bertanya, "Siapa Nabi yang pertama?" Beliau menjawab: "Adam." Aku bertanya lagi, "Mengapakah beliau wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Seorang Nabi yang diajak berbicara langsung oleh Allah." Aku bertanya, "Berapa jumlah rasul yang diutus wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Tiga ratus, lebihnya belasan. Jumlah yang sangat banyak." Dan beliau bersabda di kali yang lain: "Lebih dari lima belas." Abu Dzar berkata, "Aku bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah Adam adalah seorang nabi utusan?" Beliau menjawab; "Ya, dia seorang nabi yang diajak berbicara oleh Allah." Aku bertanya lagi, "Wahai Rasulullah, dari yang Allah turunkan kepadamu, mana yang paling agung?" Beliau menjawab: "Ayat kursi, yaitu 'ALLAHU LAA ILLAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUM {Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya)}.”

وَرَوَاهُ النَّسَائِيُّ، مِنْ حَدِيثِ أَبِي عُمَرَ الدِّمَشْقِيِّ، بِهِ. وَقَدْ أَخْرَجَ هَذَا الْحَدِيثَ مُطَوَّلًا جِدًّا أَبُو حَاتِمِ بْنُ حِبَّانَ فِي صَحِيحِهِ، بِطَرِيقٍ آخَرَ، وَلَفْظٍ آخَرَ مُطَوَّلٍ جِدًّا فَاللَّهُ أَعْلَمُ.
Hadits ini juga diriwayatkan oleh An Nasa'i dari hadisnya Abu Umar Ad Dimasqiy, dan juga telah dikeluarkan hadits ini dengan sangat panjang sekali oleh Abu Hatim bin Hibban dalam shahihnya dengan jalan dan lafadz yang lain yang panjang sekali. Hanya Allah-lah yang lebih mengetahui.

وَقَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا وَكِيع، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنْ ذَرِّ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الهَمْداني، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ شَدَّادٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنِّي أُحَدِّثُ نَفْسِي بِالشَّيْءِ لَأَنْ أَخِرَّ مِنَ السَّمَاءِ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَتَكَلَّمَ بِهِ. قَالَ: فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي رَدَّ كَيْدَهُ إِلَى الْوَسْوَسَةِ".
Berkata Imam Ahmad, telah mengabarkan kepada kami Waki, dari Sufyan, dari Mansyur, dari Dzar bin Abdillah Al Hamdani, dari Abdullah bin Syaddad, dari Ibnu Abbas beliau berkata: “Datang seseorang kepada Nabi –shallallahu 'alaihi wasallam- dia bertanya: “Wahai Rasulullah sesungguhnya telah terbesit di dalam diriku sesuatu dimana jatuh dari langit lebih aku sukai daripada harus membicarakannya.” Nabi -shallallahu alaihi wa sallam- bersabda : “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan tipu dayanya kepada godaan.”

وَرَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَالنَّسَائِيُّ، مِنْ حَدِيثِ مَنْصُورٍ -زَادَ النَّسَائِيُّ: وَالْأَعْمَشُ -كِلَاهُمَا عَنْ ذَرٍّ، بِهِ.
Diriwayatkan juga oleh Abu Dawud dan An Nasa'i, dari haditsnya Manshur, (An Nasa'i menambahkan Al A'masy), keduanya meriwayatkan dari Dzar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar