Asbabun Nuzul Surat Qaaf | KHQ. Shaleh dkk



سورة ق 38-39

وَلَقَدْ خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ وَمَا مَسَّنَا مِنْ لُغُوبٍ (38) فَاصْبِرْ عَلَى مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوبِ (39)

Terjemahan Surat Qaaf ayat 38-39

38. Dan Sesungguhnya Telah kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan kami sedikitpun tidak ditimpa keletihan.
39. Maka Bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya).
 
Asbabun Nuzul Surat Qaaf, KHQ. Shaleh dkk, Terjemahan Surat Qaaf
--------------------

Asbabun Nuzul Surat Qaaf ayat 38-39

Diriwayatkan oleh al-Hakim, yang menganggap hadits ini sahih, yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas bahwa orang-orang Yahudi menghadap Rasulullah saw. dan bertanya tentang pembuatan langit dan bumi. Rasulullah saw menjawab: “Allah membuat bumi pada hari Ahad dan Senin serta membuat gunung-gunung dan segala yang memberi manfaat pada hari Selasa. Pada hari Rabu, Allah membuat pohon-pohon, air, kota-kota, keramaian, dan keruntuhannya. Allah membuat langit pada hari Kamis, serta membuat bintang-bintang, matahari, bulan, dan malaikat pada hari Jum’at, dan hanya bersisa tiga jam. Pada jam pertama Allah membuat ajal bagi yang mati, jam kedua melemparkan penyakit-penyakit kepada segala sesuatu yang bermanfaat bagi manusia, dan pada jam ketiga menciptakan Adam dan menempatkannya di surga serta memerintahkan Iblis supaya sujud kepada Adam. Allah mengeluarkan Adam dari surga pada akhir jam ketiga itu.”

Berkatalah orang-orang Yahudi: “Terus apalagi, hai Muhammad ?” Rasulullah saw. menjawab: “Allah bersemayam di atas Arasy.” Kaum Yahudi berkata: “Engkau benar, dan sekiranya engkau meneruskan cerita itu, tentu engkau akan mengatakan bahwa kemudian Allah beristirahat.” Maka Nabi saw. sangat marah, maka turunlah ayat ini (Qaaf: 38-39) yang membantah anggapan kaum Yahudi bahwa Allah perlu istirahat, serta menasehati beliau agar bersabar.

--------------------

سورة ق 45

نَحْنُ أَعْلَمُ بِمَا يَقُولُونَ وَمَا أَنْتَ عَلَيْهِمْ بِجَبَّارٍ فَذَكِّرْ بِالْقُرْآنِ مَنْ يَخَافُ وَعِيدِ (45)

Terjemahan Surat Qaaf ayat 45

45. Kami lebih mengetahui tentang apa yang mereka katakan, dan kamu sekali- kali bukanlah seorang pemaksa terhadap mereka. Maka beri peringatanlah dengan Al Quran orang yang takut dengan ancaman-Ku.
--------------------

Asbabun Nuzul Surat Qaaf ayat 45

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari ‘Amr bin Qais al-Mala-i yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas. Diriwayatkan pula oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari ‘Amr tetapi mursal. Bahwa para shahabat berkata kepada Rasulullah saw: “Ya Rasulullah, cobalah tuan peringatkan kami.” Maka turunlah ayat ini (Qaaf: 45) sebagai perintah kepada Rasulullah saw. untuk menginngatkan mereka dengan al-Qur’an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar