ذِكْرُ
مَا وَرَدَ فِي فَضْلِ الْفَاتِحَةِ.
Penyebutan
Tentang Keutamaan/Fadhilah Surat Al Fatihah
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ حَنْبَلٍ، رَحِمَهُ اللَّهُ، فِي
مُسْنَدِهِ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، عَنْ شُعْبَةَ، حَدَّثَنِي خُبَيْبُ
بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ، عَنْ أَبِي سَعِيدِ بْنِ
المُعَلَّى، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: كُنْتُ أُصَلِّي فَدَعَانِي رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَلَمْ أُجِبْهُ حَتَّى صلَّيت
وَأَتَيْتُهُ، فَقَالَ: " مَا مَنَعَكَ أَنْ تَأْتِيَنِي؟ ".
قَالَ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنِّي كُنْتُ أُصَلِّي. قَالَ: " أَلَمْ
يَقُلِ اللَّهُ: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ
وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ} [الْأَنْفَالِ: 24] ثُمَّ
قَالَ: " لَأُعَلِّمَنَّكَ أَعْظَمَ سُورَةٍ فِي الْقُرْآنِ قَبْلَ أَنْ
تَخْرُجَ مِنَ الْمَسْجِدِ ". قَالَ: فَأَخَذَ بِيَدِي، فَلَمَّا أَرَادَ
أَنْ يَخْرُجَ مِنَ الْمَسْجِدِ قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ قُلْتَ:
" لَأُعَلِّمَنَّكَ أَعْظَمَ سُورَةٍ فِي الْقُرْآنِ ". قَالَ:
" نَعَمْ، الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ هِيَ: السَّبْعُ
الْمَثَانِي وَالْقُرْآنُ الْعَظِيمُ الَّذِي أُوتِيتُهُ ".
Imam Ahmad bin
Muhamad bin Hanbal –semoga Allah merahmatinya- meriwayatkan dalam musnadnya:
telah mengabarkan kepada kami Yahya bin Sa’id, dari Syu’bah, telah mengabarkan
kepadaku Khubaib bin Abdirrohman, dari Hafash bin Ashim, dari Abu Sa’id bin Al
Ma’aliy semoga Allah merighoinya, beliau berkata: Dahulu ketika aku hendak
melaksanakan sholat, Rasulullah shalallahu alahi wa sallam memanggilku,
namun aku tidak memenuhinya sampai aku telah selesai melaksanakan sholat, baru aku
mendatangi beliau. Maka beliau berkata: “Apa yang menghalangimu untuk
menemui aku?” aku menjawab: wahai Rasulullah, sesungguhnya waktu itu aku
hendak melaksanakan sholat. Beliau menjawab: Apakah engkau tidak mengetahui
Allah berfirman: {Wahai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan
rasul-Nya, apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan
kepada kamu} (QS. Al Anfal: 24)? Karena aku ingin mengajarimu surat yang
paling agung dalam al Quran sebelum engkau keluar dari masjid.” Maka aku
memegang beliau dengan kedua tanganku, ketika beliau hendak keluar dari masjid.
Dan aku berkata: wahai Rasulullah, tadi engkau berkata kepadaku: aku ingin
mengajarimu surat yang paling agung dalam al Quran? Maka beliau bersabda: Betul,
{Alhamdulillahi robbil alamin} ia adalah as sab’ul matsaniy, dam
al Quranul ‘Adzim, yang telah diturunkan kepadaku.”
وَهَكَذَا
رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ عَنْ مُسَدَّدٍ، وَعَلِيِّ بْنِ الْمَدِينِيِّ، كِلَاهُمَا
عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ الْقَطَّانِ، بِهِ . وَرَوَاهُ فِي مَوْضِعٍ آخَرَ مِنَ
التَّفْسِيرِ، وَأَبُو دَاوُدَ، وَالنَّسَائِيُّ، وَابْنُ مَاجَهْ مِنْ طُرُقٍ
عَنْ شُعْبَةَ، بِهِ . وَرَوَاهُ الْوَاقِدِيُّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُعَاذٍ
الْأَنْصَارِيِّ، عَنْ خُبَيْبِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ حَفْصِ بْنِ عَاصِمٍ،
عَنْ أَبِي سَعِيدِ بْنِ المُعَلَّى، عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، فَذَكَرَ
نَحْوَهُ.
Hadits yang
seperti itu juga diriwayatkan al Bukhoriy dari Musaddad dan Ali bin al Madiniy,
keduanya dari Yahya bin Sa’id Al Qoththon, dan seterusnya. Beliau juga meriwayatkan
pada akhir dari kitab at tafsir. Begitu juga Abu Dawud, An Nasa’i, dan Ibnu
Majah yang jalan-jalannya berasal dari Syu’bah, dan seterusnya. Al Waqidiy
meriwayatkannya dari Muhammad bin Muadz al Anshoriy, dari Khubaib bin
Abdurrohman, dari Hafash bin Ashim, dari Abu Sa’id bin Al Ma’aliy, dari Ubay
bin Ka’ab, lalu menyebutkan haditsnya yang sama.
وَقَدْ
وَقَعَ فِي الْمُوَطَّأِ لِلْإِمَامِ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ، مَا يَنْبَغِي
التَّنْبِيهُ عَلَيْهِ، فَإِنَّهُ رَوَاهُ مالك عن العلاء بن عبد الرَّحْمَنِ بْنِ
يَعْقُوبَ الحُرَقي: أَنَّ أَبَا سَعِيدٍ مَوْلَى عَامِرِ بْنِ كَرِيزٍ
أَخْبَرَهُمْ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَادَى
أُبَيَّ بْنَ كَعْبٍ، وَهُوَ يُصَلِّي فِي الْمَسْجِدِ، فَلَمَّا فَرَغَ مِنْ
صَلَاتِهِ لَحِقَهُ، قَالَ: فَوَضَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَدَهُ عَلَى يَدِي، وَهُوَ يُرِيدُ أَنْ يَخْرُجَ مِنْ بَابِ
الْمَسْجِدِ، ثُمَّ قَالَ: " إِنِّي لَأَرْجُو أَلَّا تَخْرُجَ مِنْ بَابِ
الْمَسْجِدِ حَتَّى تَعْلَمَ سُورَةً مَا أُنْزِلَ فِي التَّوْرَاةِ وَلَا فِي
الْإِنْجِيلِ وَلَا فِي الْفُرْقَانِ مِثْلُهَا ". قَالَ أُبَيٌّ:
فَجَعَلْتُ أُبْطِئُ فِي الْمَشْيِ رَجَاءَ ذَلِكَ، ثُمَّ قُلْتُ: يَا رَسُولَ
اللَّهِ، مَا السُّورَةُ الَّتِي وَعَدْتَنِي؟ قَالَ: " كَيْفَ تَقْرَأُ
إِذَا افْتَتَحْتَ الصَّلَاةَ؟ قَالَ: فَقَرَأْتُ عَلَيْهِ: {الْحَمْدُ
لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ} حَتَّى أَتَيْتُ عَلَى آخِرِهَا، فَقَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "هِيَ هَذِهِ
السُّورَةُ، وَهِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي وَالْقُرْآنُ الْعَظِيمُ الَّذِي
أُعْطِيتُ ".
Dan sungguh
ada dalam kitab al Muwaththo’ karya Imam Malik bin Anas, sesuatu yang layak
sebagai perhatian padanya. Imam Malik meriwayatkannya dari al Ala’ bin bin
Abdurrahman bin Ya'qub, bahwasanya Abu Sa'id mantan budak 'Amir bin Kuraiz,
mengabarkan kepadanya, bahwasannya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
memanggil Ubay bin Ka'ab yang sedang melaksanakan shalat. Tatkala dia telah
selesai, dia menyusul beliau. Beliau memegang tangan Ubay bin Ka'ab ketika
hendak keluar dari pintu Masjid. Beliau bersabda: "Saya berharap kamu
tidak keluar dahulu, hingga kamu mendengar surat yang Allah tidak menurunkan
yang semisalnya baik dalam Taurat, Injil maupun Al Quran " Ubay bin
Ka'ab berkata; "Saya memperlambat jalanku, mengharap hal itu. Kemudian
saya bertanya; "Wahai Rasulullah, surat apa yang telah anda janjikan
kepadaku?" Beliau bersabda: "Apa yang kamu baca ketika kamu
mengawali shalat?" Ubay bin Ka'ab menjawab; "Saya membaca; {alhamdu
lillahi rabbil 'aalamiin} hingga akhir." Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam bersabda: "Itulah surat as Sab'u Al Matsani
dan Al qur'an Agung yang diberikan kepadaku."
فَأَبُو
سَعِيدٍ هَذَا لَيْسَ بِأَبِي سَعِيدِ بْنِ المُعَلّى، كَمَا اعْتَقَدَهُ ابْنُ
الْأَثِيرِ فِي جَامِعِ الْأُصُولِ وَمَنْ تَبِعَهُ ، فَإِنَّ ابْنَ الْمُعَلَّى صَحَابِيٌّ
أَنْصَارِيٌّ، وَهَذَا تَابِعِيٌّ مِنْ مَوَالِي خُزَاعَةَ، وَذَاكَ الْحَدِيثُ
مُتَّصِلٌ صَحِيحٌ، وَهَذَا ظَاهِرُهُ أَنَّهُ مُنْقَطِعٌ، إِنْ لَمْ يَكُنْ
سَمِعَهُ أَبُو سَعِيدٍ هَذَا مِنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، فَإِنْ كَانَ قَدْ
سَمِعَهُ مِنْهُ فَهُوَ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ، وَاللَّهُ أَعْلَمُ.
Abu Sa’id
dalam hadits ini bukanlah Abu Sa’id bin Al Ma’aliy, sebagaimana yang dipegangi
(pendapat) Ibnul Atsir dalam Jami’ul Ushul dan orang-orang yang mengikutinya.
Karena sesungguhnya Ibnul Al Ma’aliy adalah termasuk seorang sahabat al Anshor.
Dan pada hadits ini adalah seorang Tabi’in dari bekas budak Khuza’ah, dalam
keadaan haditsnya mutashil (bersambung) dan shohih. Jadi, hadits ini
yang nampak adalah hadits munqothi’ (terputus). Jika Abu Sa’id tidak
langsung mendengarkannya dari Ubay bin Ka’ab. Jika dia terbukti telah
mendengarkan darinya, maka hadits ini sesuai dengan syarat Muslim. Wallahu
a’lam.
عَلَى
أَنَّهُ قَدْ رُوِيَ عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ مِنْ غَيْرِ وَجْهٍ كَمَا قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا عفَّان، حَدَّثَنَا
عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنَا الْعَلَاءِ بْنِ عَبْدِ
الرَّحْمَنِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، وَهُوَ يُصَلِّي،
فَقَالَ: " يَا أُبَيُّ "، فَالْتَفَتَ ثُمَّ لَمْ يُجِبْهُ،
ثُمَّ قَالَ: أُبَيُّ، فَخَفِّفْ. ثُمَّ انصرف إلى رسول الله صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: السَّلَامُ عَلَيْكَ أيْ رَسُولَ اللَّهِ.
فَقَالَ: " وَعَلَيْكَ السَّلَامُ " قَالَ " مَا
مَنَعَكَ أيْ أُبَيُّ إِذْ دَعَوْتُكَ أَنْ تُجِيبَنِي؟ ". قَالَ: أيْ
رَسُولَ اللَّهِ، كُنْتُ فِي الصَّلَاةِ، قَالَ: " أَوَلَسْتَ تَجِدُ
فِيمَا أَوْحَى اللَّهُ إِلَيَّ {اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا
دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ} [الْأَنْفَالِ: 24] ". قَالَ: بَلَى يَا
رَسُولَ اللَّهِ، لَا أَعُودُ، قَالَ: " أَتُحِبُّ أَنْ أُعَلِّمَكَ
سُورَةً لَمْ تُنَزَّلْ لَا فِي التَّوْرَاةِ وَلَا فِي الْإِنْجِيلِ وَلَا فِي
الزَّبُورِ وَلَا فِي الْفُرْقَانِ مِثْلُهَا؟ " قُلْتُ: نَعَمْ، أَيْ
رَسُولَ اللَّهِ، قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
" إِنِّي لِأَرْجُو أَلَّا أَخْرُجَ مِنْ هَذَا الْبَابِ حَتَّى
تَعْلَمَهَا " قَالَ: فَأَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ بِيَدِي يُحَدِّثُنِي، وَأَنَا أَتَبَطَّأُ ، مَخَافَةَ أَنْ يَبْلُغَ
قَبْلَ أَنْ يَقْضِيَ الْحَدِيثَ، فَلِمَا دَنَوْنَا مِنَ الْبَابِ قُلْتُ: أيْ
رَسُولَ اللَّهِ، مَا السُّورَةُ الَّتِي وَعَدْتَنِي قَالَ: " مَا
تَقْرَأُ فِي الصَّلَاةِ؟ ". قَالَ: فَقَرَأْتُ عَلَيْهِ أُمَّ
الْقُرْآنِ، قَالَ: " وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ
فِي التَّوْرَاةِ وَلَا فِي الْإِنْجِيلِ وَلَا فِي الزَّبُورِ، وَلَا فِي
الْفُرْقَانِ مِثْلَهَا؛ إِنَّهَا السَّبْعُ المثاني ".
Sungguh telah diriwayatkan
dari Ubay bin Ka'ab dari sisi yang lain, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam
Ahmad: telah mengabarkan kepada kami Affan, telah mengabarkan kepada kami Abdurrahman
bin Ibrahim telah mengabarkan kepada kami al Ala’ bin Abdirrahman, dari
bapaknya, dari Abu Hurairah beliau berkata “Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam keluar menemui Ubai bin Ka’ab ketika dalam keadaan ia sedang
shalat, maka beliau memanggil; “Wahai Ubai, ” Ubai lalu menoleh meskipun
tidak menjawab, kemudian Ubai segera shalat dengan cepat seraya berbegas
menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu berucap; “Assalaamu
‘Alaika ya Rasulullah, ” Rasulullah menjawab, “Wa ‘Alaika (dan
keselamatan bagimu), ” lalu beliau bersabda: “Wahai Ubai, apa yang
menghalangimu untuk menjawabku ketika aku panggil?” Ubai berkata; “Wahai
Rasulullah, sesungguhnya aku dalam shalat, ” beliau bersabda: “Bukankah kamu
telah mendapatkan wahyu yang Allah wahyukan kepadaku, {Hai orang-orang yang
beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu
kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu} (QS. Al Anfal: 24). Ubai
berkata; “Iya wahai Rasulullah, aku tidak akan mengulanginya, ” beliau
bersabda: “Apakah kamu senang jika aku ajarkan kepadamu surat yang Allah
tidak menurunkan semisalnya dalam Taurat, Zabur, Injil maupun Al Furqon (Al
Qur`an)?” Ubai berkata; Aku berkata; “Iya wahai Rasulullah.” Maka
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya aku
sangat berharap engkau tidak keluar dari pintu ini hingga engkau mengetahuinya,
” Ubai berkata; Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
menggait tanganku sambil mengajakku bicara, dan aku sendiri memperlambat
jalanku karena takut akan sampai ke pintu sebelum beliau selesai berbicara,
maka tatkala dekat pintu aku berkata; “Wahai Rasulullah mana surat yang telah
engkau janjikan kepadaku?” lalu beliau bersabda: “Apa yang engkau baca
ketika shalat?” Ubai berkata; “Aku membaca surat sl fatihah.” Ubai berkata;
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Demi Dzat yang
jiwaku ada dalam genggaman-Nya, tidaklah Allah menurunkan dalam Taurat, Injil
maupun Al Qur`an yang semisalnya, ia adalah As Sab’ul Matsaniy.”
وَرَوَاهُ
التِّرْمِذِيُّ، عَنْ قُتَيْبَةَ، عَنِ الدَّرَاوَرْدِي، عَنِ الْعَلَاءِ، عَنْ
أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، فَذَكَرَهُ ، وَعِنْدَهُ: إِنَّهَا مِنَ
السَّبْعِ الْمَثَانِي وَالْقُرْآنِ الْعَظِيمِ الَّذِي أُعْطِيتُهُ، ثُمَّ
قَالَ: هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ.
Hadits di atas
juga diriwayatkan oleh at Tirmidzi, dari Qutaibah, dari ad Darowardiy, dan al
Ala’, dari bapaknya, dari Abu Huroiroh, kemudian menyebutkan haditsnya. Dan
padanya terdapat lafadz: Sesungguhnya al Fatihah termasuk As Sab’ul
Matsaniy dan al Quranul Adzim yang diberikannya kepadaku.” Kemudian dia
(at Tirmidzi) mengomentari: Ini adalah hadits hasan shohih.
وَفِي
الْبَابِ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، وَرَوَاهُ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ [الْإِمَامِ]
أَحْمَدَ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ أَبِي مَعْمَر، عَنْ أَبِي أُسَامَةَ، عَنْ
عَبْدِ الْحَمِيدِ بْنِ جَعْفَرٍ، عَنِ الْعَلَاءِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ، عَنْ أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، فَذَكَرَهُ مُطَوَّلًا بِنَحْوِهِ، أَوْ
قَرِيبًا مِنْهُ .
Pada sebuah
bab, dari Anas bin Malik, yang diriwayatkan oleh Abdullah bin (imam) Ahmad,
dari Ismail bin Abi Ma’mar, dari Abu Usamah, dari Abdul Humaid bin Ja’far, dari
Al Ala’, dari bapaknya, dari Abu Huroiroh, dari Ubay bin Ka’ab, kemudian
menyebutkan hadits yang panjang yang sepura dengannya atau mendekatinya.
وَقَدْ
رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَالنَّسَائِيُّ جَمِيعًا عَنْ أَبِي عَمَّارٍ حُسَيْنِ
بْنِ حُرَيْثٍ، عَنِ الْفَضْلِ بْنِ مُوسَى، عَنْ عَبْدِ الْحَمِيدِ بْنِ
جَعْفَرٍ، عَنِ الْعَلَاءِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ أُبَيِّ
بْنِ كَعْبٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
" مَا أَنْزَلَ اللَّهُ فِي التَّوْرَاةِ وَلَا فِي الْإِنْجِيلِ مِثْلَ
أُمِّ الْقُرْآنِ، وَهِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي، وَهِيَ مَقْسُومَةٌ بَيْنِي
وَبَيْنَ عَبْدِي "، هَذَا لَفْظُ النَّسَائِيِّ. وَقَالَ
التِّرْمِذِيُّ: حَسَنٌ غَرِيبٌ.
Hadits di atas
juga diriwayatkan secara utuh oleh at Tirmidzi dan an Nasa’i, dari Abu Ammar
Husain bin Huroits, dari al Fadhl bin Musa, dari Abdul Hamid bin Ja’far, dari
al Ala’, dari bapaknya, dari Abu Huroiroh, dari Ubay bin Ka’ab dia berkata: Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah Allah menurunkan dalam
Taurot, tidak pula pada Injil yang semisal dengan ummul qur’an. Dan ia
adalah as sab’ul matsaniy dan pembagi antara diriku dengan umatku.”
Hadits ini lafadznya an Nasa’i. dan berkata at Tirmidzi: Hadits ini hasan
ghorib.
(bersambung, insya Allah)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar