وَيُقَالُ
لَهَا أَيْضًا: الْفَاتِحَةُ؛ لِأَنَّهَا تُفْتَتَحُ بِهَا الْقِرَاءَةُ،
وَافْتَتَحَتِ الصَّحَابَةُ بِهَا كِتَابَةَ الْمُصْحَفِ الْإِمَامِ، وَصَحَّ
تَسْمِيَتُهَا بِالسَّبْعِ الْمَثَانِي، قَالُوا: لِأَنَّهَا تُثَنَّى فِي
الصَّلَاةِ، فَتُقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ، وَإِنْ كَانَ لِلْمَثَانِي مَعْنًى
آخَرُ غَيْرُ هَذَا، كَمَا سَيَأْتِي بَيَانُهُ فِي مَوْضِعِهِ إِنْ شَاءَ
اللَّهُ.
Surat Al
Fatihah dinamakan juga sebagai: Pembuka, dikarenakan surat al Fatihah sebagai
pembuka bacaan sholat, para sahabat juga menggunakannya untuk membuka karya
tulis, dan telah benar penamaannya dengan as sab’ul matsaniy (tujuh ayat
yang dibaca berulang-ulang). Mereka mengatakan: karena surat al Fatihah dibaca
berulang-ulang dalam sholat, dan dibaca pada setiap roka’at. Walaupun al
matsaniy mempunyai maknya lain juga. Sebagaimana akan datang dijelaskan pada
tempatnya, insya Allah.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ، أَنْبَأَنَا ابْنُ أَبِي
ذِئْبٍ وَهَاشِمُ بْنُ هَاشِمٍ عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، عَنِ الْمَقْبُرِيِّ،
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَنَّهُ قَالَ لِأُمِّ الْقُرْآنِ: " هِيَ أُمُّ الْقُرْآنِ، وَهِيَ
السَّبْعُ الْمَثَانِي، وَهِيَ الْقُرْآنُ الْعَظِيمُ " .
Imam Ahmad
berkata: telah mengabarkan kepada kami Yazid bin harun, telah mengabarkan kepada kami Ibnu Abi
Dzi’bin dan (sanad lain) Hasyim bin Hasyim, dari Ibnu Abi Dzi’bin, dari Al
Maqburiy, dari Abu Huroiroh, dari Nabi shallahu alaihi wa sallam
bahwasannya beliau berkata tentang Ummul quran: “Dia (surat Al
Fatihah) adalah ummul qur’an, as sab’ul matsaniy, dan juga al
qur’an.”
ثُمَّ
رَوَاهُ عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ عُمَرَ عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ بِهِ، وَقَالَ
أَبُو جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بْنُ جَرِيرٍ الطَّبَرِيُّ: حَدَّثَنِي يُونُسُ بْنُ
عَبْدِ الْأَعْلَى، أَنَا ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، عَنْ
سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنْ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " هِيَ أُمُّ
الْقُرْآنِ، وَهِيَ فَاتِحَةُ الْكِتَابِ، وَهِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي
" .
Imam Ahmad
juga meriwayatkan, dari Ismail bin Umar, dari Ibnu Abi Dzi’bin, dan seterusnya.
Dan berkata Abu Ja’far Muhammad bin Jarir Ath Thobariy: telah mengabarkan
kepadaku Yunus bin Abdul A’la, telah mengabarkan kepada Ibnu Wahbin, telah
mengabarkan kepadaku Ibnu Abi Dzi’bin, dari Sa’id Al Maqburiy, dari Abu
Huroiroh, dari Rosulullah shalallahu alaihi wa sallam beliau bersabda: “Surat
Al Fatihah itu adalah ummul qur’an, pembuka al quran dan as sab’ul
matsaniy.”
وَقَالَ
الْحَافِظُ أَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ مُوسَى بْنِ مَرْدَوَيْهِ فِي تَفْسِيرِهِ:
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ غَالِبِ
بْنِ حَارِثٍ، ثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ عَبْدِ الْوَاحِدِ الْمَوْصِلِيُّ، ثَنَا
الْمُعَافَى بْنُ عِمْرَانَ، عَنْ عَبْدِ الْحَمِيدِ بْنِ جَعْفَرٍ، عَنْ نُوحِ
بْنِ أَبِي بِلَالٍ، عَنِ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " الْحَمْدُ لِلَّهِ
رَبِّ الْعَالَمِينَ سَبْعُ آيَاتٍ: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
إِحْدَاهُنَّ، وَهِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي وَالْقُرْآنُ الْعَظِيمُ، وهي أم
الكتاب ".
Berkata Al
Hafidz Abu Bakr Ahmad bin Musa bin Mardawaih dalam tafsirnya: telah mengabarkan
kepada kami Ahmad bin Muhammad bin Ziyad, telah mengabarkan kepada kami
Muhammad bin Gholib bin Harits, telah mengabarkan kepada kami Ishaq bin Abdul
Wahid Al Maushuliy, telah mengabarkan kepada kami Al Ma’afiy bin Imron, dari
Abdul Hamid bin Ja’far, dari Nuh bin Abi Bilal, dari Al Maqburiy, dari Abu Huroiroh
beliau berkata: Rosulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda: {Alhamdulillahi
robbil alamin} mempunyai tujuh ayat: bismillahir rohmanir rohim salah satunya,
dan dia itu disebut as sab’ul matsaniy, al quranul adzim, dan ummul kitab.”
وَقَدْ
رَوَاهُ الدَّارَقُطْنِيُّ أَيْضًا عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ مَرْفُوعًا بِنَحْوِهِ
أَوْ مِثْلِهِ، وَقَالَ: كُلُّهُمْ ثِقَاتٌ. وَرَوَى الْبَيْهَقِيُّ عَنْ عَلِيٍّ
وَابْنِ عَبَّاسٍ وَأَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُمْ فَسَّرُوا قَوْلَهُ تَعَالَى: {سَبْعًا
مِنَ الْمَثَانِي} [الْحِجْرِ: 87] بِالْفَاتِحَةِ، وَأَنَّ الْبَسْمَلَةَ
هِيَ الْآيَةُ السَّابِعَةُ مِنْهَا، وَسَيَأْتِي تَمَامُ هَذَا عِنْدَ
الْبَسْمَلَةِ.
Ad Daruqutniy
juga meriwayatkan, dari Abu Huroiroh secara marfu’ hadits yang semisal
dengannya. Kemudian berkata: semuanya (rowi) adalah tsiqot (terpercaya).
Dan al Baihaqiy meriwayatkannya dari Ali, Ibnu Abbas dan Abu Huroiroh,
bahwasannya mereka mentafsirkan firman Allah: {tujuh ayat yang dibaca
berulang-ulang} (QS. Al Hijr: 87) dengan Al Fatihah. Dan bahwasannya
basmalah termasuk dari ayat yang tujuh tersebut. Dan akan datang penjelasan
basmalah secara lengkap.
وَقَدْ
رَوَى الْأَعْمَشُ عَنْ إِبْرَاهِيمَ قَالَ: قِيلَ لِابْنِ مَسْعُودٍ: لِمَ لَمْ
تَكْتُبِ الْفَاتِحَةَ فِي مُصْحَفِكِ؟ قَالَ: لَوْ كَتَبْتُهَا لِكَتَبْتُهَا فِي
أَوَّلِ كُلِّ سُورَةٍ. قَالَ أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي دَاوُدَ: يَعْنِي حَيْثُ
يَقْرَأُ فِي الصَّلَاةِ، قَالَ: وَاكْتَفَيْتُ بِحِفْظِ الْمُسْلِمِينَ لَهَا
عَنْ كِتَابَتِهَا.
Dan Al A’masy
meriwayatkan dari Ibrohim beliau berkata: ditanyakan kepada Ibnu Mas’ud:
Mengapa engkau tidak menulis al Fatihah dalam mushhafmu? Beliau menjawab:
kalaupun aku mau menulisnya pasti akan aku tulis al fatihah pada setiap awal
surat. Berkata Abu Bakar bin Abi Dawud: maksudnya membaca pada setiap sholat.
Dan berkata: Aku mencukupkan hafalan kaum muslim dengannya dari penulisannya.
وَقَدْ
قِيلَ: إِنَّ الْفَاتِحَةَ أَوَّلُ شَيْءٍ نَزَلَ مِنَ الْقُرْآنِ، كَمَا وَرَدَ
فِي حَدِيثٍ رَوَاهُ الْبَيْهَقِيُّ فِي دَلَائِلِ النُّبُوَّةِ وَنَقْلَهُ
الْبَاقِلَّانِيُّ أَحَدَ أَقْوَالٍ ثَلَاثَةٍ هَذَا [أَحَدُهَا] وَقِيلَ: {يَا
أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ} كَمَا فِي حَدِيثِ جَابِرٍ فِي الصَّحِيحِ . وَقِيلَ:
{اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ} [الْعَلَقِ: 1] وَهَذَا هُوَ
الصَّحِيحُ، كَمَا سَيَأْتِي تَقْرِيرُهُ فِي مَوْضِعِهِ، وَاللَّهُ الْمُسْتَعَانُ.
Dan sungguh
telah dikatakan: sesungguhnya al Fatihah adalah awal dari sesuatu yang turun
dari al Quran. Sebagaimana pada hadits yang diriwayatkan Al Baihaqi dalam kitab
Dalailin Nubuwah, dan telah dinukil oleh Al Baqilaniy, salah satu dari
tiga pendapatnya ini, dikatakan : {Wahai orang yang berselimut},
sebagaimana dalam haditsnya Jabir dalam kitab ash shohih. Dan dikatakan {Bacalah
dengan menyebut nama Robbmu yang telah mencipatakan} (QS. Al Alaq: 1). Dan
ini adalah pendapat yang benar. Sebagaimana yang akan datang penjelasannya pada
tempatnya. Wallahul musta’an.
(selesai)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar