Tafsir Surat al Falaq ayat 2-3 | Tafsir Ibnu Katsir


 Tafsir Surat al Falaq ayat 2-3

وَقَوْلُهُ: {مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ} أَيْ: مِنْ شَرِّ جَمِيعِ الْمَخْلُوقَاتِ. وَقَالَ ثَابِتٌ الْبُنَانِيُّ، وَالْحَسَنُ الْبَصْرِيُّ: جَهَنَّمُ وَإِبْلِيسُ وَذُرِّيَّتُهُ مِمَّا خَلَقَ.
Pada firman Allah ta’ala: “{Dari kejahatan makhluq-Nya}, maksudnya adalah dari kejelekan/kejahatan seluruh makhluq-Nya. Berkata Tsabit Al Bunaniy dan Al Hasan Al Bashriy: maksudnya adalah dari neraka jahannam, iblis dan makhluq-makhluq yang Allah ciptakan.

{وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ} قَالَ مُجَاهِدٌ: غاسقُ الليلُ إِذَا وقبَ غُروبُ الشَّمْسِ. حَكَاهُ الْبُخَارِيُّ عَنْهُ. وَرَوَاهُ ابْنُ أَبِي نَجِيح، عَنْهُ. وَكَذَا قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ، وَمُحَمَّدُ بْنُ كَعْبٍ الْقُرَظِيُّ، وَالضَّحَّاكُ، وخُصَيف، وَالْحُسْنُ، وقتادة: إنه الليل إذا أقبل بظلامه.
{Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita}, berkata Mujahid: kejahatan malam apabila telah gelap gulita ketika terbenamnya matahari. Demikianlah yang dihikayatkan oleh Al Bukhoriy dan diriwayatkan juga oleh Ibnu Abi Najih. Berkata Ibnu Abbas, Muhammad bin Ka’ab Al Qurodzhi, Adzh Dzhohak, Khushofi, Al Hasan dan Qotadah: “Bahwasannya terjadi malam ketika hari mulai gelap.”

وَقَالَ الزُّهْرِيُّ: {وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ} الشَّمْسُ إِذَا غَرَبَتْ. وَعَنْ عَطِيَّةَ وَقَتَادَةَ: إِذَا وَقَبَ اللَّيْلُ: إِذَا ذَهَبَ. وَقَالَ أَبُو الْمُهَزِّمِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: {وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ} كَوْكَبٍ. وَقَالَ ابْنُ زَيْدٍ: كَانَتِ الْعَرَبُ تَقُولُ: الْغَاسِقُ سُقُوطُ الثُّرَيَّا، وَكَانَ الْأَسْقَامُ وَالطَّوَاعِينُ تَكْثُرُ عِنْدَ وُقُوعِهَا، وَتَرْتَفِعُ عِنْدَ طُلُوعِهَا.
            Berkata berkata Az Zuhri: {Dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita} yaitu ketika matahari tenggelam. Dari Athiyah dan Qotadah: “Jika telah datang malam hari , jika matahari terbenam. Berkata Abu Muhazzim dari Abu Hurairah: {Dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita} yaitu telah terbit bintang bintang. Berkata Ibnu Zaid berkata yaitu apabila nampak kejelekan, dikatakan kejahatan muncul apabila telah muncul bintang tsuroya dan wabah penyakit biasanya muncul ketika malam hari dan pergi ketika siang hari.

قَالَ ابْنُ جَرِيرٍ: وَلِهَؤُلَاءِ مِنَ الْأَثَرِ مَا حَدَّثَنِي: نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ، حَدَّثَنِي بَكَّارُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ -ابْنُ أَخِي هَمَّامٍ -حَدَّثَنَا مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيرة، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " {وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ} قَالَ: النَّجْمُ الْغَاسِقُ".
            Berkata Ibnu Jarir: Dan mereka yang mempunyai atsar dari apa-apa yang telah mengabarkan kepada saya, Nashr bin Ali, telah meriwayatkan kepada saya, Bakkar bin Abdillah -anak laki laki dari saudaranya Hammam-, telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Abdul Aziz bin Umar bin Abdurrahman bin Auf, dari bapaknya dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, dari Nabi -shallallahu alaihi wasallam- bersabda {Dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita} maknanya bintang.
                                                                               
قُلْتُ: وَهَذَا الْحَدِيثُ لَا يَصِحُّ رَفَعَهُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
            Aku katakan (Ibnu Katsir): hadits ini tidaklah shohih yang sampai bersambung kepada nabi -shallallahu alaihi wasallam-.

قَالَ ابْنُ جَرِيرٍ: وَقَالَ آخَرُونَ: هُوَ الْقَمَرُ.
            Berkata Ibnu Jarir: dan berkata sebagian yang lain: maknanya adalah bulan.

قُلْتُ: وَعُمْدَةُ أَصْحَابِ هَذَا الْقَوْلِ مَا رَوَاهُ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ الحَفري، عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، عَنِ الْحَارِثِ، عَنْ أَبِي سَلَمَةَ قَالَ: قَالَتْ عَائِشَةُ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: أَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِيَدِي، فَأَرَانِي الْقَمَرَ حِينَ يَطْلُعُ، وَقَالَ: "تَعوَّذِي بِاللَّهِ مِنْ شَرِّ هَذَا الْغَاسِقِ إِذَا وَقَبَ".
            Aku katakan (Ibnu Katsir): landasan bagi pihak yang memilih pendapat ini adalah sebuha riwayat yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad: telah mengabarkan kepada kami Abu Dawud Al Hafriy, dari Ibnu Abi Di’bin, dari Harits, dari Abu Salamah berkata: telah berkata Aisyah -semoga allah meridhoinya- Rosululloh sholallohu alaihi wasallam pernah memegang tanganku dan memperlihatkan bulan kepadaku pada saat terbit dan beliau bersabda: “Berlindunglah kepada Allah dari kejahatan bulan ketika terbenam.”
                                                                             
وَرَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَالنَّسَائِيُّ، فِي كِتَابَيِ التَّفْسِيرِ مِنْ سُنَنَيْهِمَا، مِنْ حَدِيثِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، عَنْ خَالِهِ الْحَارِثِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، بِهِ. وَقَالَ التِّرْمِذِيُّ: حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَلَفَظُهُ: "تَعَوَّذِي بِاللَّهِ مِنْ شَرِّ هَذَا، فَإِنَّ هَذَا الْغَاسِقُ إِذَا وَقَبَ". وَلَفَظُ النَّسَائِيِّ: "تعوَّذي بِاللَّهِ مِنْ شَرِّ هَذَا، هَذَا الْغَاسِقُ إِذَا وَقَبَ".
            Diriwayatkan oleh At Tirmidzi dan An Nasa'i di dalam kedua kitab tafsirnya dari kitab  sunan milik keduanya dari hadits Muhammad bin Abdirrahman bin Abi Dzi’bin, dari pamannya Harits bin Abdurrahman. Berkata At Tirmidzi mengatakan hadis ini adalah hasan shohih. Dan lafadznya adalah: “Berlindunglah kepada Allah dari kejahatan ini (bulan), dan sungguh ketika bulan terbenam.” Dan lafadznya an Nasa’i: “Berlindunglah kepada Allah dari kejahatan ini (bulan) yakni ketika bulan terbenam.”

قَالَ أَصْحَابُ الْقَوْلِ الْأَوَّلِ وَهُوَ أَنَّهُ اللَّيْلُ إِذَا وَلَجَ -: هَذَا لَا يُنَافِي قَوْلَنَا؛ لِأَنَّ الْقَمَرَ آيةُ اللَّيْلِ، وَلَا يُوجَدُ لَهُ سُلْطَانٌ إِلَّا فِيهِ، وَكَذَلِكَ النُّجُومُ لَا تُضِيءُ، إِلَّا فِي اللَّيْلِ، فَهُوَ يَرْجِعُ إِلَى مَا قُلْنَاهُ، وَاللَّهُ أَعْلَمُ.
            Berkata pihak yang berpendapat pendapat yang pertama, bahwa maknanya adalah malam ketika masuk, maka pendapat ini tidaklah menolak pendapat kami. Karena bulan adalah tanda ketika malam telah tiba. Dan tidaklah didapati kesalahan padanya, sebagaimana juga bintang-bintang yang terdapat (kelihatan) ketika malam hari. Maka pendapat ini sama dengan pendapat kita. Waallahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar