Asbabun Nuzul Surat al Qamar ayat 1-2, 45, 47-49 | KHQ. Shaleh dkk



سورة القمر 1-2
اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ (1) وَإِنْ يَرَوْا آيَةً يُعْرِضُوا وَيَقُولُوا سِحْرٌ مُسْتَمِرٌّ (2)
Terjemahan Surat al Qamar 1-2              
1.  Telah dekat datangnya saat itu dan Telah terbelah bulan[*].
2.  Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat suatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata: "(Ini adalah) sihir yang terus menerus".

[*]  yang dimaksud dengan saat di sini ialah terjadinya hari kiamat atau saat kehancuran kaum musyrikin, dan "terbelahnya bulan" ialah suatu mukjizat nabi Muhammad SAW.
Asbabun Nuzul Surat al Qamar ayat, Terjemahan Surat al Qamar ayat
--------------------
Asbabun Nuzul Surat al Qamar 1-2
Diriwayatkan oleh asy-Syaikhaan dan al-Hakim –lafal hadits ini dari al-Hakim-, yang bersumber dari Ibnu Mas’ud bahwa Ibnu Mas’ud berkata: “Sebelum Rasulullah saw hijrah, di Mekah aku melihat bulan terbelah menjadi dua bagian. Pada waktu itu orang-orang menyatakan bahwa bulan disihir. Maka turunlah ayat, Iqtarobatis sa’atu wangsyaq-qol qomar (telah dekat datangnya saat itu [kiamat] dan telah terbelah bulan) (al-Qamar: 1)”, sebagai penegasan bahwa kehancuran kaum musyrikin telah dekat waktunya.

Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi yang besumber dari Anas bahwa orang-orang Mekah meminta suatu mukjizat kepada Nabi saw.. Maka terbelahlah bulan di Mekah dua kali. Ayat ini (al-Qamar: 1-2) turun sebagai penegasan bahwa orang-orang kafir akan tetap berpaling walaupun sudah dipenuhi keinginannya.

--------------------
سورة القمر 45
سَيُهْزَمُ الْجَمْعُ وَيُوَلُّونَ الدُّبُرَ (45)
Terjemahan Surat al Qamar 45
45.  Golongan itu pasti akan dikalahkan dan mereka akan mundur ke belakang.
--------------------
Asbabun Nuzul Surat al Qamar 45
Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas bahwa pada waktu perang Badr orang-orang Quraisy berkata: “Nahnu jami’um muntashir (kami golongan yang pasti menang).” Maka turunlah ayat ini (al-Qamar: 45) yang menegaskan bahwa golongan itulah (orang-orang kafir Quraisy) yang akan digempur dan lari terbirit-birit.

--------------------
سورة القمر 47-49
إِنَّ الْمُجْرِمِينَ فِي ضَلَالٍ وَسُعُرٍ (47) يَوْمَ يُسْحَبُونَ فِي النَّارِ عَلَى وُجُوهِهِمْ ذُوقُوا مَسَّ سَقَرَ (48) إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ (49)
Terjemahan Surat al Qamar 47-49
47.  Sesungguhnya orang-orang yang berdosa berada dalam kesesatan (di dunia) dan dalam neraka.
48.  (Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka atas muka mereka. (Dikatakan kepada mereka): "Rasakanlah sentuhan api neraka!"
49.  Sesungguhnya kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.
--------------------
Asbabun Nuzul Surat al Qamar 47-49
Diriwayatkan oleh Muslim dan at-Tirmidzi, yang bersumber dari Abu Hurairah bahwa kaum musyrikin Quraisy pernah membantah Rasulullah saw. berkenaan dengan persoalan takdir. Ayat ini (al-Qamar: 47-49) turun sehubungan dengan peristiwa tersebut, yang melukiskan bahwa segala sesuatu diciptakan menurut ukuran dan aturan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar