Tafsir Surat asy Syamsu ayat 1
{وَالشَّمْس وَضُحَاهَا} ضَوْئِهَا
001. (Demi matahari dan
cahayanya di pagi hari) yaitu sewaktu memancarkan sinarnya di pagi hari.
---------------------------------------------------------------------------------------
Tafsir Surat asy Syamsu ayat 2
{وَالْقَمَر إِذَا تَلَاهَا}
تَبِعَهَا طَالِعًا عِنْد غُرُوبهَا
002. (Dan bulan apabila
mengiringinya) apabila muncul mengiringi terbenamnya matahari.
---------------------------------------------------------------------------------------
Tafsir Surat asy Syamsu ayat 3
{وَالنَّهَار إِذَا جَلَّاهَا}
بِارْتِفَاعِهِ
003. (Dan siang apabila
menampilkannya) yaitu menampakkan matahari yang semakin meninggi.
---------------------------------------------------------------------------------------
Tafsir Surat asy Syamsu ayat 4
{وَاللَّيْل إِذَا يَغْشَاهَا}
يُغَطِّيهَا بِظُلْمَتِهِ وَإِذَا فِي الثَّلَاثَة لِمُجَرَّدِ الظَّرْفِيَّة
وَالْعَامِل فِيهَا فِعْل الْقَسَم
004. (Dan malam apabila
menutupinya) artinya menyelimuti siang dengan kegelapannya. Lafal Idzaa
yang ada pada tiga tempat di atas hanya menunjukkan makna Zharaf, sedangkan
yang menjadi Amilnya adalah Fi'il dari Qasam.
---------------------------------------------------------------------------------------
Tafsir Surat asy Syamsu ayat 5
{والسماء وما بناها}
005. (Dan langit serta
pembinaannya.)
---------------------------------------------------------------------------------------
Tafsir Surat asy Syamsu ayat 6
{وَالْأَرْض وَمَا طَحَاهَا}
بَسَطَهَا
006. (Dan bumi serta penghamparannya)
yang menghampar.
---------------------------------------------------------------------------------------
Tafsir Surat asy Syamsu ayat 7
{وَنَفْس} بِمَعْنَى نُفُوس {وَمَا
سَوَّاهَا} فِي الْخِلْقَة وَمَا فِي الثَّلَاثَة مَصْدَرِيَّة أَوْ بِمَعْنَى
مَنْ
007. (Dan jiwa) sekalipun
bentuk lafalnya Mufrad tetapi makna yang dimaksud adalah Jamak (serta
penyempurnaannya) maksudnya kesempurnaan ciptaannya; lafal Maa pada tiga
tempat di atas adalah Maa Mashdariyah, atau bermakna Man.
---------------------------------------------------------------------------------------
Tafsir Surat asy Syamsu ayat 8
{فَأَلْهَمَهَا فُجُورهَا وَتَقْوَاهَا}
بَيَّنَ لَهَا طَرِيق الْخَيْر والشر وأخر التقوى رعاية لرؤوس الآي وجواب القسم
008. (Maka Allah mengilhamkan
kepada jiwa itu kefasikan dan ketakwaannya) maksudnya Allah menjelaskan
kepadanya jalan kebaikan dan jalan keburukan. Lafal At-Taqwaa letaknya
diakhirkan karena demi memelihara keserasian bunyi akhir ayat, sedangkan
sebagai Jawab dari Qasam di atas ialah:
---------------------------------------------------------------------------------------
Tafsir Surat asy Syamsu ayat 9
{قَدْ أَفْلَحَ} حُذِفَتْ مِنْهُ
اللَّام لِطُولِ الْكَلَام {مَنْ زَكَّاهَا} طَهَّرَهَا مِنْ الذُّنُوب
009. (Sesungguhnya beruntunglah)
pada lafal Qad Aflaha ini sengaja tidak disebutkan huruf Lam Taukidnya karena
mengingat panjangnya pembicaraan (orang yang menyucikannya) yakni
menyucikan jiwanya dari dosa-dosa.
---------------------------------------------------------------------------------------
Tafsir Surat asy Syamsu ayat 10
{وَقَدْ خَابَ} خَسِرَ {مَنْ
دَسَّاهَا} أَخْفَاهَا بِالْمَعْصِيَةِ وَأَصْله دَسَّسَهَا أُبْدِلَتْ
السِّين الثَّانِيَة أَلِفًا تَخْفِيفًا
010. (Dan sesungguhnya
merugilah) atau rugilah (orang yang mengotorinya) yang menodainya
dengan perbuatan maksiat. Asalnya lafal Dassaahaa ialah Dassasahaa, kemudian
huruf Sin yang kedua diganti menjadi Alif demi untuk meringankan pengucapannya,
akhirnya jadilah Dassaahaa.
---------------------------------------------------------------------------------------
Tafsir Surat asy Syamsu ayat 11
{كَذَّبَتْ ثَمُود} رَسُولهَا
صَالِحًا {بِطَغْوَاهَا} بِسَبَبِ طُغْيَانهَا
011. (Kaum Tsamud
telah mendustakan) rasulnya, yaitu Nabi Saleh (karena mereka melampaui
batas) disebabkan tindakan mereka yang melampaui batas.
---------------------------------------------------------------------------------------
Tafsir Surat asy Syamsu ayat 12
{إِذْ اِنْبَعَثَ} أَسْرَعَ {أَشْقَاهَا}
وَاسْمه قَدَّار إِلَى عَقْر النَّاقَة بِرِضَاهُمْ
012. (Ketika bangkit)
artinya bersegera (orang yang paling celaka di antara mereka) orang
tersebut dikenal dengan nama julukan si pendekar, lalu ia bersegera menyembelih
unta Nabi Saleh atas izin mereka.
---------------------------------------------------------------------------------------
Tafsir Surat asy Syamsu ayat 13
{فَقَالَ لَهُمْ رَسُول اللَّه}
صَالِح {نَاقَة اللَّه} أَيْ ذَرُوهَا {وَسُقْيَاهَا} شُرْبهَا فِي
يَوْمهَا وَكَانَ لَهَا يَوْم وَلَهُمْ يَوْم
013. (Lalu Rasul Allah berkata
kepada mereka) yakni Nabi Saleh ("Unta betina Allah) maksudnya
biarkanlah unta betina Allah ini (dan minumannya") dan hari bagian
minumnya; sesungguhnya bagian minum itu digilirkan antara mereka dan unta;
untuk unta sehari dan untuk mereka sehari.
---------------------------------------------------------------------------------------
Tafsir Surat asy Syamsu ayat 14
{فَكَذَّبُوهُ} فِي قَوْله ذَلِكَ
عَنْ اللَّه الْمُرَتَّب عَلَيْهِ نُزُول الْعَذَاب بِهِمْ إِنْ خَالَفُوهُ {فَعَقَرُوهَا}
قَتَلُوهَا لِيَسْلَم لَهُمْ مَاء شُرْبهَا {فَدَمْدَمَ} أَطْبَقَ {عَلَيْهِمْ
رَبّهمْ} الْعَذَاب {بِذَنْبِهِمْ فَسَوَّاهَا} أَيْ الدَّمْدَمَة
عَلَيْهِمْ أَيْ عَمَّهُمْ بِهَا فَلَمْ يَفْلِت مِنْهُمْ أحد
014. (Lalu mereka
mendustakannya) mendustakan ucapan Nabi Saleh yang mengatakan, bahwa unta
itu adalah milik Allah, dan bila mereka melanggarnya niscaya hal itu akan
berakibat turunnya azab atas mereka (dan menyembelih unta itu) atau
mereka membunuhnya itu, dengan maksud supaya bagian minum itu diperoleh
seluruhnya oleh mereka (maka menimpakanlah) atau menurunkanlah (kepada
mereka Rabb mereka) azab (disebabkan dosa mereka, lalu Allah meratakan
azab) atas mereka, sehingga tidak ada seorang pun dari mereka yang dapat
lolos atau menyelamatkan diri dari azab-Nya.
---------------------------------------------------------------------------------------
Tafsir Surat asy Syamsu ayat 15
{ولا} بالواو والفاء {يخاف عقباها}
تبعتها
015. (Dan tiadalah) dapat
dibaca Walaa dan Falaa (Allah takut terhadap akibat tindakan-Nya itu)
maksudnya akibat azab yang akan terjadi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar