Tafsir Surat Al Fatihah (Pendahuluan) (2) | Tafsir Ibnu Katsir

Tafsir Surat Al Fatihah (Pendahuluan) (2) | Tafsir Ibnu Katsir

وَيُقَالُ لَهَا أَيْضًا: الْفَاتِحَةُ؛ لِأَنَّهَا تُفْتَتَحُ بِهَا الْقِرَاءَةُ، وَافْتَتَحَتِ الصَّحَابَةُ بِهَا كِتَابَةَ الْمُصْحَفِ الْإِمَامِ، وَصَحَّ تَسْمِيَتُهَا بِالسَّبْعِ الْمَثَانِي، قَالُوا: لِأَنَّهَا تُثَنَّى فِي الصَّلَاةِ، فَتُقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ، وَإِنْ كَانَ لِلْمَثَانِي مَعْنًى آخَرُ غَيْرُ هَذَا، كَمَا سَيَأْتِي بَيَانُهُ فِي مَوْضِعِهِ إِنْ شَاءَ اللَّهُ.
Surat Al Fatihah dinamakan juga sebagai: Pembuka, dikarenakan surat al Fatihah sebagai pembuka bacaan sholat, para sahabat juga menggunakannya untuk membuka karya tulis, dan telah benar penamaannya dengan as sab’ul matsaniy (tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang). Mereka mengatakan: karena surat al Fatihah dibaca berulang-ulang dalam sholat, dan dibaca pada setiap roka’at. Walaupun al matsaniy mempunyai maknya lain juga. Sebagaimana akan datang dijelaskan pada tempatnya, insya Allah.

قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ، أَنْبَأَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ وَهَاشِمُ بْنُ هَاشِمٍ عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، عَنِ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ لِأُمِّ الْقُرْآنِ: " هِيَ أُمُّ الْقُرْآنِ، وَهِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي، وَهِيَ الْقُرْآنُ الْعَظِيمُ " .
Imam Ahmad berkata: telah mengabarkan kepada kami Yazid bin harun,  telah mengabarkan kepada kami Ibnu Abi Dzi’bin dan (sanad lain) Hasyim bin Hasyim, dari Ibnu Abi Dzi’bin, dari Al Maqburiy, dari Abu Huroiroh, dari Nabi shallahu alaihi wa sallam bahwasannya beliau berkata tentang Ummul quran: “Dia (surat Al Fatihah) adalah ummul qur’an, as sab’ul matsaniy, dan juga al qur’an.”

ثُمَّ رَوَاهُ عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ عُمَرَ عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ بِهِ، وَقَالَ أَبُو جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بْنُ جَرِيرٍ الطَّبَرِيُّ: حَدَّثَنِي يُونُسُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى، أَنَا ابْنُ وَهْبٍ، أَخْبَرَنِي ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " هِيَ أُمُّ الْقُرْآنِ، وَهِيَ فَاتِحَةُ الْكِتَابِ، وَهِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي " .
Imam Ahmad juga meriwayatkan, dari Ismail bin Umar, dari Ibnu Abi Dzi’bin, dan seterusnya. Dan berkata Abu Ja’far Muhammad bin Jarir Ath Thobariy: telah mengabarkan kepadaku Yunus bin Abdul A’la, telah mengabarkan kepada Ibnu Wahbin, telah mengabarkan kepadaku Ibnu Abi Dzi’bin, dari Sa’id Al Maqburiy, dari Abu Huroiroh, dari Rosulullah shalallahu alaihi wa sallam beliau bersabda: “Surat Al Fatihah itu adalah ummul qur’an, pembuka al quran dan as sab’ul matsaniy.”

وَقَالَ الْحَافِظُ أَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ مُوسَى بْنِ مَرْدَوَيْهِ فِي تَفْسِيرِهِ: حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ، ثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ غَالِبِ بْنِ حَارِثٍ، ثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ عَبْدِ الْوَاحِدِ الْمَوْصِلِيُّ، ثَنَا الْمُعَافَى بْنُ عِمْرَانَ، عَنْ عَبْدِ الْحَمِيدِ بْنِ جَعْفَرٍ، عَنْ نُوحِ بْنِ أَبِي بِلَالٍ، عَنِ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ سَبْعُ آيَاتٍ: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ إِحْدَاهُنَّ، وَهِيَ السَّبْعُ الْمَثَانِي وَالْقُرْآنُ الْعَظِيمُ، وهي أم الكتاب  ".
Berkata Al Hafidz Abu Bakr Ahmad bin Musa bin Mardawaih dalam tafsirnya: telah mengabarkan kepada kami Ahmad bin Muhammad bin Ziyad, telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Gholib bin Harits, telah mengabarkan kepada kami Ishaq bin Abdul Wahid Al Maushuliy, telah mengabarkan kepada kami Al Ma’afiy bin Imron, dari Abdul Hamid bin Ja’far, dari Nuh bin Abi Bilal, dari Al Maqburiy, dari Abu Huroiroh beliau berkata: Rosulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda: {Alhamdulillahi robbil alamin} mempunyai tujuh ayat: bismillahir rohmanir rohim salah satunya, dan dia itu disebut as sab’ul matsaniy, al quranul adzim, dan ummul kitab.”

وَقَدْ رَوَاهُ الدَّارَقُطْنِيُّ أَيْضًا عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ مَرْفُوعًا بِنَحْوِهِ أَوْ مِثْلِهِ، وَقَالَ: كُلُّهُمْ ثِقَاتٌ. وَرَوَى الْبَيْهَقِيُّ عَنْ عَلِيٍّ وَابْنِ عَبَّاسٍ وَأَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُمْ فَسَّرُوا قَوْلَهُ تَعَالَى: {سَبْعًا مِنَ الْمَثَانِي} [الْحِجْرِ: 87] بِالْفَاتِحَةِ، وَأَنَّ الْبَسْمَلَةَ هِيَ الْآيَةُ السَّابِعَةُ مِنْهَا، وَسَيَأْتِي تَمَامُ هَذَا عِنْدَ الْبَسْمَلَةِ.
Ad Daruqutniy juga meriwayatkan, dari Abu Huroiroh secara marfu’ hadits yang semisal dengannya. Kemudian berkata: semuanya (rowi) adalah tsiqot (terpercaya). Dan al Baihaqiy meriwayatkannya dari Ali, Ibnu Abbas dan Abu Huroiroh, bahwasannya mereka mentafsirkan firman Allah: {tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang} (QS. Al Hijr: 87) dengan Al Fatihah. Dan bahwasannya basmalah termasuk dari ayat yang tujuh tersebut. Dan akan datang penjelasan basmalah secara lengkap.

وَقَدْ رَوَى الْأَعْمَشُ عَنْ إِبْرَاهِيمَ قَالَ: قِيلَ لِابْنِ مَسْعُودٍ: لِمَ لَمْ تَكْتُبِ الْفَاتِحَةَ فِي مُصْحَفِكِ؟ قَالَ: لَوْ كَتَبْتُهَا لِكَتَبْتُهَا فِي أَوَّلِ كُلِّ سُورَةٍ. قَالَ أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي دَاوُدَ: يَعْنِي حَيْثُ يَقْرَأُ فِي الصَّلَاةِ، قَالَ: وَاكْتَفَيْتُ بِحِفْظِ الْمُسْلِمِينَ لَهَا عَنْ كِتَابَتِهَا.
Dan Al A’masy meriwayatkan dari Ibrohim beliau berkata: ditanyakan kepada Ibnu Mas’ud: Mengapa engkau tidak menulis al Fatihah dalam mushhafmu? Beliau menjawab: kalaupun aku mau menulisnya pasti akan aku tulis al fatihah pada setiap awal surat. Berkata Abu Bakar bin Abi Dawud: maksudnya membaca pada setiap sholat. Dan berkata: Aku mencukupkan hafalan kaum muslim dengannya dari penulisannya.

وَقَدْ قِيلَ: إِنَّ الْفَاتِحَةَ أَوَّلُ شَيْءٍ نَزَلَ مِنَ الْقُرْآنِ، كَمَا وَرَدَ فِي حَدِيثٍ رَوَاهُ الْبَيْهَقِيُّ فِي دَلَائِلِ النُّبُوَّةِ وَنَقْلَهُ الْبَاقِلَّانِيُّ أَحَدَ أَقْوَالٍ ثَلَاثَةٍ هَذَا [أَحَدُهَا] وَقِيلَ: {يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ} كَمَا فِي حَدِيثِ جَابِرٍ فِي الصَّحِيحِ . وَقِيلَ: {اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ} [الْعَلَقِ: 1] وَهَذَا هُوَ الصَّحِيحُ، كَمَا سَيَأْتِي تَقْرِيرُهُ فِي مَوْضِعِهِ، وَاللَّهُ الْمُسْتَعَانُ.
Dan sungguh telah dikatakan: sesungguhnya al Fatihah adalah awal dari sesuatu yang turun dari al Quran. Sebagaimana pada hadits yang diriwayatkan Al Baihaqi dalam kitab Dalailin Nubuwah, dan telah dinukil oleh Al Baqilaniy, salah satu dari tiga pendapatnya ini, dikatakan : {Wahai orang yang berselimut}, sebagaimana dalam haditsnya Jabir dalam kitab ash shohih. Dan dikatakan {Bacalah dengan menyebut nama Robbmu yang telah mencipatakan} (QS. Al Alaq: 1). Dan ini adalah pendapat yang benar. Sebagaimana yang akan datang penjelasannya pada tempatnya. Wallahul musta’an.

(selesai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar