Tafsir Surat al Falaq ayat 4-5
وَقَوْلُهُ: {وَمِنْ شَرِّ
النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ} قَالَ مُجَاهِدٌ، وَعِكْرِمَةُ، وَالْحُسْنُ،
وَقَتَادَةُ وَالضَّحَّاكُ: يَعْنِي: السَّوَاحِرَ -قَالَ مُجَاهِدٌ: إِذَا
رَقَيْنَ وَنَفَثْنَ فِي الْعُقْدِ.
Pada firman
Allah -ta’ala-: {Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang
menghembus pada buhul-buhul} Berkata Mujahid, Ikrimah, Al Hasan, Qotadah
dan Adzh Dzhohhak: yakni sihir-sihir. Berkata Mujahid: Sihirnya yang ditulis
dan diberi mantra pada sebuah buhul.
وَقَالَ ابْنُ جَرِيرٍ: حَدَّثَنَا ابْنُ
عَبْدِ الْأَعْلَى، حَدَّثَنَا ابْنُ ثَوْرٍ، عَنْ مَعْمَر، عَنِ ابْنِ طَاوُسٍ،
عَنْ أَبِيهِ قَالَ: مَا مِنْ شَيْءٍ أَقْرَبُ مِنَ الشِّرْكِ مِنْ رُقْيَةِ
الْحَيَّةِ وَالْمَجَانِينِ.
Berkata Ibnu
Jarir, telah mengabarkan kepada kami, Ibnu Abdil A’la, telah mengabarkan kepada
kami Ibnu Tsaur, dari Ma’mar, dari Ibnu Thowus, dari bapaknya dia berkata:
“Tidaklah ada suatu hal yang lebih dekat dari kesyirikan daripada jimat ular
dan orang gila.”
وَفِي الْحَدِيثِ الْآخَرِ: أَنَّ
جِبْرِيلَ جَاءَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَقَالَ: اشْتَكَيْتَ يَا مُحَمَّدُ؟ فَقَالَ: "نَعَمْ". فَقَالَ:
بِسْمِ اللَّهِ أرْقِيك، مِنْ كُلِّ دَاءٍ يُؤْذِيكَ، وَمِنْ شَرِّ كُلِّ حَاسِدٍ
وعين، الله يشفيك.
Pada sebuah
hadis yang lain disebutkan bahwasanya Jibril datang kepada Rasulullah
shallallahu alaihi wa sallam, kemudian berkata: “Engkau sedang sakit ya
Muhammad? maka beliau menjawab, ”Ya”. Maka Jibril berkata, “Dengan menyebut
nama Allah, aku meruqyahmu dari segala penyakit yang mengganggumu dan dari segala
kejelekan orang yang hasad dan ain, semoga Allah menyembuhkanmu.”
وَلَعَلَّ هَذَا كَانَ مِنْ شَكْوَاهُ،
عَلَيْهِ السَّلَامُ، حِينَ سُحِرَ، ثُمَّ عَافَاهُ اللَّهُ تَعَالَى وَشَفَاهُ،
وَرَدَّ كَيْدَ السحرَة الحسَّاد مِنَ الْيَهُودِ فِي رُءُوسِهِمْ، وَجَعَلَ
تَدْمِيرَهُمْ فِي تَدْبِيرِهِمْ، وَفَضَحَهُمْ، وَلَكِنْ مَعَ هَذَا لَمْ
يُعَاتِبْهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا مِنَ
الدَّهْرِ، بَلْ كَفَى اللَّهُ وَشَفَى وَعَافَى.
Mungkin yang
demikian itu akibat keluhan yang dirasakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam, ketika beliau terkena sihir Allah ta'ala dengan segera menyehatkan
dan menyembuhkan beliau, serta membalas sihir para penyihir yang hasad dari
kalangan Yahudi pada kepala-kepala mereka. Dia jadikan kehancuran mereka
melalui perbuatan mereka itu sekaligus mempermalukan mereka. Akan tetapi,
dengan kejadian tersebut Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tidak bersikap
buruk terhadap orang tersebut pada suatu waktu, tetapi cukuplah Allah sebagai
pelindung, penyembuh dan pemberi kesehatan.
وَقَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ:
حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ، عَنْ يَزِيدَ بْنِ
حَيَّان، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ قَالَ: سَحَرَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رجلٌ مَنْ الْيَهُودِ، فَاشْتَكَى لِذَلِكَ أَيَّامًا، قَالَ:
فَجَاءَهُ جِبْرِيلُ فَقَالَ: إِنَّ رَجُلًا مِنَ الْيَهُودِ سَحَرَكَ، عَقْدَ
لَكَ عُقَدًا فِي بِئْرِ كَذَا وَكَذَا، فَأرْسِل إِلَيْهَا مَنْ يَجِيءُ بِهَا.
فَبَعَثَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلِيًّا، رَضِيَ اللَّهُ
تَعَالَى عَنْهُ فَاسْتَخْرَجَهَا، فَجَاءَ بِهَا فَحَلَّلَهَا قَالَ: فَقَامَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَأَنَّمَا نَشط مِنْ عِقَالٍ،
فَمَا ذَكَرَ ذَلِكَ لِلْيَهُودِيِّ وَلَا رَآهُ فِي وَجْهِهِ قَطُّ حَتَّى مَاتَ.
Berkata Imam
Ahmad, telah mengabarkan kepada kami Abu Muawiyah, telah mengabarkan kepada
kami Al A’masy, dari Yazid bin Hayyan, dari Zaid bin Arqom beliau berkata: Nabi
Muhammad shallallahu'alaihi wasallam disihir oleh seseorang dari kalangan
yahudi, kemudian beliau sakit beberapa hari, kemudian Jibril datang kepada Nabi
shallallahu alaihi wa sallam, lalu berkata: “Sesungguhnya seseorang dari
kalangan yahudi telah menyihirmu, mengikatmu dengan buhul yang disimpan pada
sumur yang letaknya demikian dan demikian. Maka Nabi shallallahu alaihi wa
sallam meminta tolong seseorang untuk mengambilnya, maka Rasulullah shallallahu
alaihi wasallam mengutus Ali -semoga allah meridhoinya- untuk keluar mencari,
kemudian Ali datang membawanya dan mengurai buhul tersebut. Kemudian Rasulullah
shallallahu alaihi wa sallam berdiri seakan telah terlepas dari sebuah
belenggu. Dan nabi tidak menyebutkan orang yahudi yang melakukan hal tersebut
dan tidaklah nabi shallallahu ala melihatnya sampai meninggal.
وَرَوَاهُ النَّسَائِيُّ عَنْ هَنَّاد،
عَنْ أَبِي مُعَاوِيَةَ مُحَمَّدِ بْنِ حَازم الضَّرِيرِ.
Hadits di
atas juga diriwayatkan oleh An Nasa’i dari Hannan, dari Abu Muawiyah Muhammad
bin Hazim Adz Dzoriri.
وَقَالَ الْبُخَارِيُّ فِي
"كِتَابِ الطِّبِّ" مِنْ صَحِيحِهِ: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
مُحَمَّدٍ قَالَ: سَمِعْتُ سُفْيَانَ بْنَ عُيَيْنَةَ يَقُولُ: أَوَّلُ مَنْ
حَدَّثَنَا بِهِ ابنُ جُرَيْج، يَقُولُ: حَدَّثَنِي آلُ عُرْوَة، عَنْ عُرْوَةَ،
فَسَأَلْتُ هِشَامًا عَنْهُ، فحدثَنا عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُحر، حَتَّى كَانَ يُرَى
أَنَّهُ يَأْتِي النِّسَاءَ وَلَا يَأْتِيهِنَّ -قَالَ سُفْيَانُ: وَهَذَا أَشَدُّ
مَا يَكُونُ مِنَ السِّحْرِ، إِذَا كَانَ كَذَا -فَقَالَ: "يَا عَائِشَةُ،
أَعْلِمْتِ أَنَّ اللَّهَ قَدْ أَفْتَانِي فِيمَا استفتيتُه فِيهِ؟ أَتَانِي
رَجُلَانِ فَقَعَدَ أَحَدُهُمَا عِنْدَ رَأْسِي، وَالْآخَرُ عِنْدَ رِجْلَيِّ،
فَقَالَ الَّذِي عِنْدَ رَأْسِي لِلْآخَرِ: مَا بَالُ الرَّجُلِ؟ قَالَ:
مَطْبُوبٌ. قَالَ: وَمَنْ طَبَّه؟ قَالَ: لَبيد بْنُ أَعْصَمَ -رَجُلٌ مِنْ بَنِي
زُرَيق حَليف ليهُودَ، كَانَ مُنَافِقًا-وَقَالَ: وَفِيمَ؟ قَالَ: فِي مُشط
ومُشاقة. قَالَ: وَأَيْنَ؟ قَالَ: فِي جُف طَلْعَة ذَكَرٍ تَحْتَ رَعُوفَةٍ فِي
بِئْرِ ذَرْوَان". قَالَتْ: فَأَتَى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ الْبِئْرَ حَتَّى اسْتَخْرَجَهُ فَقَالَ: "هَذِهِ الْبِئْرُ
الَّتِي أُرِيتُهَا، وَكَأَنَّ مَاءَهَا نُقَاعة الحنَّاء، وَكَأَنَّ نَخْلَهَا
رُءُوسُ الشَّيَاطِينِ". قَالَ: فَاسْتَخْرَجَ. قَالَتْ. فَقُلْتُ: أَفَلَا؟
أَيْ: تَنَشَّرْتَ؟ فَقَالَ: "أمَّا اللهُ فَقَدْ شَفَانِي، وَأَكْرَهُ أَنْ
أُثِيرَ عَلَى أَحَدٍ مِنَ النَّاسِ شَرًّا".
Berkata Al
Bukhari dalam kitab nya Ath Thib (Kitab Kesehatan) dalam kitab shahihnya, dari
Aisyah -semoga Allah meridhoinya- dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam pernah disihir dimana beliau melihat seakan akan mendatangi beberapa
orang istrinya, padahal beliau tidak mendatangi mereka. Sufyan mengatakan: Ini
merupakan sihir yang paling parah, jika keadaannya seperti itu. Kemudian beliau
bersabda, “Wahai aisyah tahukah engkau bahwa Allah telah mengatakan kepadaku
mengenai sesuatu yang dulu engkau pernah meminta fatwa tentangnya, aku telah
didatangi oleh dua orang malaikat, lalu salah seorang diantaranya duduk di
dekat kepalaku dan yang lainnya di dekat kakiku, kemudian yang duduk di dekat
kepalaku berkata, “Apa yang dialami oleh orang ini?” yang lain menjawab,”Dia
terkena sihir” “Lalu siapa yang menyihir? tanyanya lebih lanjut. “Labid bin
A’shom, seseorang dari Bani Zuraiq, seorang orang yahudi yang dia itu seorang
munafik.” Dia bertanya “Dalam wujud apa sihir itu? dia menjawab “Berwujud sisir
rambut dan bekas rontokan rambut.” Lalu dimana semua itu berada? tanya
temannya. Dia menjawab “Di kulit mayang kurma jantan di bawah dasar sumur.”
Kemudia Aisyah melanjutkan perkataannya: Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam mendatangi sumur itu dan mengeluarkan sihir tersebut, selanjutnya
beliau bersabda, ”Wahai Aisyah, inilah sumur yang pernah diperlihatkan
kepadaku, seakan-akan airnya celupan pacar dan pohon kurmanya seperti kepala
syaithon.” Beliau berkata: “Bentangkanlah (bukhul itu)!” aku berkata: “Apakah
tidak apa-apa?” beliau berkata: “Tidak apa-apa, sesungguhnya Allah telah
menyembuhkanku, dan aku tidak suka menyuruh orang berbuat keji pula kepada
manusia yang berbuat kejahatan.”
وَأَسْنَدَهُ مِنْ حَدِيثِ عِيسَى بْنِ
يُونُسَ، وَأَبِي ضَمْرة أَنَسِ بْنِ عِيَاضٍ، وَأَبِي أُسَامَةُ، وَيَحْيَى
الْقَطَّانِ وَفِيهِ: "قَالَتْ: حَتَّى كَانَ يُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهُ
فَعَلَ الشَّيْءَ وَلَمْ يَفْعَلْهُ". وَعِنْدَهُ: "فَأَمَرَ
بِالْبِئْرِ فَدُفِنَتْ". وَذَكَرَ أَنَّهُ رَوَاهُ عَنْ هِشَامٍ أَيْضًا
ابْنُ أَبِي الزَّناد وَاللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ.
Dan sanad
hadits di atas dari Isa bin Yunus, Abu Dzhomroh Anas bin Iyad, Abu Usamah,
Yahya Al Qoththon, padanya terdapat: perkataan Aisyah: “Sampai beliau terbayang
melakukan sesuatu padahal beliau tidak melakukan apapun.” Dan ada juga riwayat,
“Kemudian beliau memerintahkan ke sumur itu dan menggalinya.” Beliau juga
menyebutkan riwayat dari Hisyam bin Abi Zannad dan Laits bin Sa’ad.
وَقَدْ رَوَاهُ مُسْلِمٌ، مِنْ حَدِيثِ
أَبِي أُسَامَةَ حَمَّادِ بْنِ أُسَامَةَ وَعَبْدِ الله بن نمير. ورواه أحمد، عن
عَفَّانَ، عَنْ وُهَيب عَنْ هِشَامٍ، بِهِ.
Hadits di
atas juga diriwayatkan oleh Muslim dari haditsnya Abu Usamah Hammad bin Usamah
dan Abdullah bin Numair. Imam Ahmad meriwayatkannya dari Affan dari Wuhaib dari
Hisyam, dan seterusnya.
وَرَوَاهُ الْإِمَامُ أَحْمَدُ أَيْضًا
عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ خَالِدٍ، عَنْ رَبَاحٍ، عَنْ مَعْمَر، عَنْ هشَام، عَنْ
أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: لَبِثَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ سِتَّةَ أَشْهُرٍ يُرى أَنَّهُ يَأْتِي وَلَا يَأْتِي، فَأَتَاهُ
مَلَكَانِ، فَجَلَسَ أحدهما عند رأسه، والآخر عند رجليه، فقال أَحَدُهُمَا
لِلْآخَرِ: مَا بَالُهُ؟ قَالَ: مَطْبُوبٌ. قَالَ: وَمَنْ طَبَّهُ؟ قَالَ: لَبِيدُ
بْنُ الْأَعْصَمِ، وَذَكَرَ تَمَامَ الْحَدِيثِ.
Imam Ahmad
juga meriwayatkan dari Ibrahim bin Khalid bin Robah, dari Ma’mar, dari Hisyam,
dari bapaknya, dari Aisyah beliau berkata: Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam pernah mendiami suatu tempat selama 6 bulan, beliau menyangka
bahwasanya beliau mendatanginya padahal tidak, kemudian datang 2 malaikat,
salah satunya duduk di kepalanya dan yang lainnya duduk di kedua kakinya.
Kemudian berkata salah satu dari yang lain “Apakah dia terkena sihir? Satunya
menjawab: “Ya dia terkena sihir” “dan siapa yang menyihir nya?” Labid bin Al
A’shom. Kemudian (Imam Ahmad) menyebutkan selengkapnya hadist.
وَقَالَ الْأُسْتَاذُ الْمُفَسِّرُ
الثَّعْلَبِيُّ فِي تَفْسِيرِهِ: قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ وَعَائِشَةُ، رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُمَا: كَانَ غُلَامٌ مِنَ الْيَهُودِ يَخْدِمُ رَسُولَ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فدبَّت إِلَيْهِ الْيَهُودُ، فَلَمْ يَزَالُوا
بِهِ حَتَّى أَخَذَ مُشَاطة رَأْسِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَعِدَّةَ أَسْنَانٍ مِنْ مُشطه، فَأَعْطَاهَا الْيَهُودَ، فَسَحَرُوهُ فِيهَا.
وَكَانَ الَّذِي تُوَلَّى ذَلِكَ رَجُلٌ مِنْهُمْ -يُقَالُ لَهُ: لَبِيَدُ بْنُ
أَعْصَمَ-ثُمَّ دَسَّهَا فِي بِئْرٍ لِبَنِي زُرَيق، وَيُقَالُ لَهَا: ذَرْوان،
فَمَرِضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَانْتَثَرَ شَعْرُ
رَأْسِهِ، وَلَبِثَ سِتَّةَ أَشْهُرٍ يُرَى أَنَّهُ يَأْتِي النِّسَاءَ وَلَا
يَأْتِيهِنَّ، وَجَعَلَ يَذُوب وَلَا يَدْرِي مَا عَرَاهُ. فَبَيْنَمَا هُوَ
نَائِمٌ إِذْ أَتَاهُ مَلَكَانِ فَقَعَد أَحَدُهُمَا عِنْدَ رَأْسِهِ وَالْآخَرُ
عِنْدَ رِجْلَيْهِ، فَقَالَ الَّذِي عِنْدَ رِجْلَيْهِ لِلَّذِي عِنْدَ رَأْسِهِ:
مَا بَالُ الرَّجُلِ؟ قَالَ: طُبَ. قَالَ: وَمَا طُبَ؟ قَالَ: سُحِرَ. قَالَ:
وَمَنْ سَحَرَهُ؟ قَالَ: لَبِيدُ بْنُ أَعْصَمَ الْيَهُودِيُّ. قَالَ: وَبِمَ
طَبَه؟ قَالَ: بِمُشْطٍ وَمُشَاطَةٍ. قَالَ: وَأَيْنَ هُوَ؟ قَالَ: فِي جُفَ طَلْعَةٍ
تَحْتَ رَاعُوفَةٍ فِي بِئْرِ ذَرْوَان -وَالْجُفُّ: قِشْرُ الطَّلْعِ،
وَالرَّاعُوفَةُ: حَجَرٌ فِي أَسْفَلِ الْبِئْرِ نَاتِئٌ يَقُومُ عَلَيْهِ
الْمَاتِحُ -فَانْتَبَهَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
مَذْعُورًا، وَقَالَ: "يَا عَائِشَةُ، أَمَا شَعَرْتِ أَنَّ اللَّهَ
أَخْبَرَنِي بِدَائِي؟ ". ثُمَّ بَعَثَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلِيًّا وَالزُّبَيْرَ وَعَمَّارَ بْنَ يَاسِرٍ، فَنَزَحُوا
مَاءَ الْبِئْرِ كَأَنَّهُ نُقاعة الْحِنَّاءِ، ثُمَّ رَفَعُوا الصَّخْرَةَ،
وَأَخْرَجُوا الْجُفَّ، فَإِذَا فِيهِ مُشَاطَةُ رَأْسِهِ وَأَسْنَانٌ مِنْ
مُشْطِهِ، وَإِذَا فِيهِ وَتَرٌ مَعْقُودٌ، فِيهِ اثْنَتَا عَشْرَةَ عُقْدَةً
مَغْرُوزَةً بِالْإِبَرِ. فَأَنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى السُّورَتَيْنِ، فَجَعَلَ
كُلَّمَا قَرَأَ آيَةً انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، وَوَجَدَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خِفَّةً حِينَ انْحَلَّتِ الْعُقْدَةُ الْأَخِيرَةُ،
فَقَامَ كَأَنَّمَا نَشطَ مِنْ عِقَالٍ، وَجَعَلَ جِبْرِيلُ، عَلَيْهِ السَّلَامُ،
يَقُولُ: بِاسْمِ اللَّهِ أرْقِيك، مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِيكَ، مِنْ حَاسِدٍ
وَعَيْنٍ اللَّهُ يَشْفِيكَ. فَقَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَفَلَا نَأْخُذُ
الْخَبِيثَ نَقْتُلُهُ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ: "أما أَنَا فَقَدَ شَفَانِي اللَّهُ، وَأَكْرَهُ أَنْ يُثِيرَ
عَلَى النَّاسِ شَرًّا".
Dan berkata
Al Ustadz Al Mufassir Ats Tsa’labiy berkata dalam tafsirnya, berkata Ibnu Abbas
dan Aisyah -semoga Allah meridhoi keduanya- bahwasanya dahulu ada seorang
pemuda dari kalangan yahudi dia menkhidmat (melayani) Rasulullah shallallahu
alaihi wasallam, akan tetapi dia mendatangi seorang yahudi yang lama kelamaan
dia menghilang, dia mengambil rontokan rambut dari kepala Nabi shallallahu
alaihi wasallam dan sisir rambut. Lalu dia memberikannya kepada seorang yahudi,
dan mereka menyihir menggunakan rambut dan sisir tersebut. Pemuda tersebut
diutus penyihir tersebut –dikatakan namanya Labid bin Al A’shom- untuk
menyembunyikan jimat tersebut pada sebuah sumur milik Bani Zuraiq, dan
dikatakan miliknya Bani Dzarwan. Akhirnya Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam sakit dalam keadaan dalam keadaan rambut kepalanya terurai dan
terbayang bayang mendiami suatu tempat selama 6 bulan dan beliau mendatangi
istri-istrinya padahal beliau tidak mendatanginya. Dan beliau membuat gemetar
dan beliau tidak dapat mengancingkan kancing bajunya. Tatkala beliau tidur
tiba-tiba datanglah 2 malaikat yang salah satu diantara mereka duduk di kepala
beliau dan yang lainnya duduk di kedua kaki beliau. Maka berkata salah satu
diantara keduanya yang duduk di kedua kakinya kepada yang duduk di atas
kepalanya, “Apakah dia terkena sihir” “ya, dia terkena sihir” kemudian dia
bertanya lagi “Siapakah yang menyihir?” “Labid bin A’shom Al Yahudi” “Dengan
apa dia menyihirnya?” “dengan rontokan rambut dengan sisir” “dimana letak
jimatnya?” ”berada di dalam rongga yang berada di pinggiran sumur dan dibungkus
dengan mayang pohon kurma yang tua. Itulah yang menyebabkan Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam ketakutan. Kemudian beliau bersabda, ”Wahai Aisyah,
apakah engkau mengetahui bahwasannya Allah-lah mengirim sakitku ini?” kemudian
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengutus Ali, Zubair dan Ammar bin
Yasar, lalu mereka menguras air sumurnya, seakan akan akan sumur itu menjadi
kering kerontang, kemudian mereka menaikan batu besar dan lalu mengeluarkan
jimat, yang di dalamnya terdapat rontokan rambut Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam, dan di dalamnya juga terdapat buntalan tali yang diikat, di dalamnya
juga terdapat 12 tali yang disimpul dengan jarum. Maka Allah subhanahu wa
ta'ala menurunkan dua surat dan menjadikan kedua surat tersebut dibaca untuk
melepaskan ikatan simpul (jimat) tersebut. Rasulullah shallallahu alaihi wa
sallam mendapati jimat ketika sudah lepas dari ikatannya yang terakhir.
Sehingga beliau shallallahu alaihi wa sallam berdiri seakan-akan terlepas dari
suatu belenggu. Lalu datanglah Jibril alaihis salam dan berkata kepada beliau,
“Dengan menyebut nama Allah aku meruqyahmu, dari setiap setiap apa-apa yang
mengganggumu, dan gangguan dari orang yang hasad dan ain, Semoga Allah
menyembuhkanmu. Maka para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, apakah kita tidak
membalasnya (dengan cara yang kejam pula) lalu membunuhnya? Maka Rasulullah
shallallahu alaihi wa sallam menjawab “Adapun aku telah disembuhkan oleh Allah
dan aku membenci menyuruh orang berbuat keji kepada orang yang berbuat
kejahatan.”
هَكَذَا أَوْرَدَهُ بِلَا إِسْنَادٍ،
وَفِيهِ غَرَابَةٌ، وَفِي بَعْضِهِ نَكَارَةٌ شَدِيدَةٌ، وَلِبَعْضِهِ شواهد مما
تقدم، والله أعلم.
Demikianlah
hadits yang beliau riwayatkan tanpa sanad, padanya terdapat ghorobah (sesuatu
yang asing) dan sebagiannya terdapat perkara yang mungkar, akan tetapi
disebagiannya terdapat penguat sebagaimana yang telah lalu. Waallahu a’lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar